Hukum

Tersandung Korupsi Dana Bumdes PJ Kades dan Bendahara Masuk Penjara

Target Tuntas.co.id,_Kalimantan,Diduga Tersandung korupsi pada pengelolaan anggaran Dana Desa pada kegiatan Bumdes Dua orang masuk penjara ungkap sumber dari berbagai kalangan (27/6/2021).

Informasi dihimpun wartawan majalah dan Online Target Tuntas TT. Penegak Hukum,akhirnya merampungkan kasus dugaan tindak pidana korupsi pada kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Cempaka Baru, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Kalimantan.

Dalam perkara tersebut ,Dua orang di giring masuk ke penjara, keduanya tak lain adalah ,Pj Kepala Desa Cempaka Baru Inisial ES dan bendahara Desa inisial HS.

Kepala Kejaksaan Negeri Seruyan melalui Ketua Tim Penyidik kasus itu, HM Karyadie menyebutkan akibat perbuatan kedua tersangka itu, negara dirugikan dengan taksiran sebesar Rp 350 juta.

“Kedua tersangka sudah resmi kami tahan setelah dilakukan pemeriksaan,” kata Kasi Intelijen Kejari Seruyan.

Menurut Karyadie, kegiatan itu berasal dari APBDes tahun anggaran 2018 yang digunakan untuk dana Penyertaan Modal BUMDes di Cempaka Baru sebesar Rp 350.000.000 menggunakan sumber Anggaran APBN.

Bermula bermasalah dari ,Dana desa DD yang dialokasikan untuk pengelolaan kegiatan kebun desa yang ditanami pohon kelapa sawit dikelola oleh BUMDes.

Lanjut kata dia,Selain itu BUMDes tidak memiliki susunan organisasi (susunan pengurus-red), tidak memiliki AD/ART BUMDes, dan tidak memiliki peraturan desa yang menetapkannya.

Sementara itu jenis kegiatan BUMDes berupa kebun desa (kebun Kepala Sawit ) seluas 35 hektare di laksanakan tanpa laporan.

Kendati demikian ,”Penyertaan Modal BUMDes Desa Cempaka Baru, tahun 2018 senilai Rp 350.000.000, melalui sumber Anggaran APBN Dana Desa DD tahap II dan III,” tegasnya.

Menurut mantan Kasi Intelijen Kejari Kotim ini mekanisme dalam pembentukan BUMDes di Desa Cempaka Baru, tidak sesuai prosedur namun penyertaan modal tetap dilakukan hingga terjadi kerugian negara Berbuntut pada tindak pidana kasus korupsi.

ES merupakan Pj Kades Cempaka Baru, sekaligus merupakan ASN di lingkungan kecamatan Seruyan Raya. Kasus ini merupakan kasus yang proses penyelidikannya dilakukan sejak beberapa tahun lalu.kuncinya(**)
Editor:SuBur

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button