Berita Utama

Menolak Lupa” Dewan Pers : Terkait Verifikasi , Sebagai Syarat Kerjasama Media Bersama Instansi Pemerintah , Berikut ulasannya

Target Tuntas.co.id,_Informasi dihimpun Target Tuntas online dan cetak, Menolak lupa , tahun 2020 petinggi Dewan pers angkat bicara terkait verifikasi dan syarat media , untuk menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah (Senin 22/6).

Menanggapi maraknya permintaan Pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten /Kota se-Indonesia terkait verifikasi Dewan Pers (DP) sebagai syarat kerjasama dengan instansi tersebut.

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh angkat bicara dan menyatakan, bahwa Dewan Pers tidak pernah meminta verifikasi media menjadi syarat kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

” Dewan Pers tidak pernah mempermasalahkan media yang belum terfaktual selama media tersebut telah berbadan hukum,”.

Disampaikan Mohammad Nuh pada saat Hari Pers Nasional (HPN) 2020 lalu, di Banjarmasin Pernyataan Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh itu disampaikan kepada media dalam diskusi dengan beberapa Pimpinan Media Cetak, elektronik maupun media siber di Hotel Ratna Inn, Banjarmasin, dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020.

Nuh menepis jika media melakukan kerjasama dengan Pemda harus yang terverifikasi oleh Dewan Pers.

“Dewan Pers tidak pernah meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk tidak bekerjasama dengan perusahaan media yang belum terfaktual oleh Dewan Pers,” tegas Nuh.”

Hal Senada “Tidak menjadi masalah setiap media melakukan kerjasama dengan Pemda. meski media tersebut belum terverifikasi Dewan Pers, selama media tersebut telah berbadan hukum,” tambah Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch. Bangun.

Lebih lanjut Henry juga menyebutkan Dewan Pers tidak pernah “Mengeluarkan Surat” yang menyatakan bahwa media yang boleh bermitra dengan pemerintah itu harus terverifikasi. Tidak ada surat itu.

Terpenting bagi Dewan Pers, perusahaan media itu harus sudah berbadan hukum sesuai Undang-Undang Pers. “Itu saja sebenarnya sudah cukup. Tidak perlu harus terverifikasi,” tandas Hendry.(**)

Editor :SuBur

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button