Berita UtamaSultra

Pemda Koltim Gelar Panen Raya Demplot Digital Eco Farming Padi Sawah Terintegrasi Peternakan Sapi

Koltim,_Target Tuntas.co.id-Pemerintah Daerah kabupaten Kolaka Timur , melangsungkan kegiatan peduli Sektor peningkatan pertanian, yang bertempat dikecamatan lambandia pada Senin 24 Mei 2021.

Dalam Sambutan Plt Bupati, saya menyambut dan bersyukur kepada Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan panen ini.

Patut di apresiasi bersama bahwa petani di Kabupaten Kolaka Timur telah memberikan kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi dan produktivitas pertanian di Kabupaten Kolaka Timur.

Peningkatan produksi tanaman pangan memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan, sementara pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat sehingga kebutuhan panganpun menjadi terus meningkat dari masa ke masa.(waktu-Red)

Pada kesempatan ini saya harapkan agar dinas tanaman pangan dan peternakan, mulai petugas penyuluh lapangan dapat terus meningkatkan peran aktifnya dalam memotivasi petani untuk dapat memanfaatkan produktifitas pertanian di Kabupaten Kolaka Timur.

Saya mewakili pemerintah Kabupaten Kolaka Timur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah menginisiasi pelaksanaan program klaster ketahanan pangan di Kabupaten Kolaka Timur. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat telah memajukan sector pertanian. Mari terus kita tingkatkan pembangunan sector pertanian di daerah yang kita cintai ini agar terus bertambah maju lagi.dan tentunya pemerintah daerah akan selalu siap membantu para petani maupun kelompok tani dalam mengembangkan pertaniannya sehingga kabupaten kolaka timur dapat terus menjadi penyangga komoditas beras di provinsi Sulawesi tenggara.

Diketahui ,Kabupaten Kolaka Timur mempunyai luasan sawah eksisting seluas 16.358 Ha (angka tetap 2021) yang terbesar di 12 kecamatan.

Dengan luasan tersebut kabupaten kolaka timur telah mampu memproduksi gabah kering sebesar 128.187 ton dengan produktivitas per hektar 46.36 Ku/Ha (data dinas tanaman pangan dan peternakan, 2021).

Sebagai kabupaten yang memiliki potensi sector pertanian yang besar, kabupaten kolaka timur perlu untuk menjaga keswasembadaan pangan yang merupakan prioritas penting dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan dengan melakukan berbagai upaya, seperti pada aspek kebijakan dimana salah satunya adalah pelaksanaan program klaster ketahanan pangan yang merupakan kerjasama yang sinergi antara kantor perwakilan bank Indonesia Prov.program kerjasama BI dan Pemda, yang saat ini ditempatkan di kecamatan lambandia, hal ini di kemukakan I Nyoman Abdi, S.Pd, M.Pd. Kepala Dinas komunikasi informatika dan persandian kabupaten Kolaka Timur.

“Program kerjasama BI dan Pemda, yang ditempatkan di kecamatan lambandia”, ungkapnya.

Lebih lanjut I Nyoman pria asal Bali Dewata kepada target tuntas (TT) online dan cetak,”Pemda koltim sangat berharap agar seluruh sektor pertanian di setiap wilayah kecamatan, dengan adanya kegiatan tersebut,dan semoga kedepannya apa yang di giatkan dikecamatan lambandia hari ini dapat di contoh oleh para petani yang meliputi 12 kecamatan”.kuncinya.

Laporan. wartawan (TT)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button