SultraTech

Seputar Kabar Pembangunan Desa Atolanu Tahun Anggaran 2020 -2021

Koltim,_Target Tuntas.co.id-Pemerintah Desa merupakan ujung tombak pelopor pembangunan lingkup pelosok meski tentu tidak lepas dari gelontoran Anggaran APBN yang terus menerus dikucurkan setiap tahunnya, dengan tujuan untuk kesejahtraan masyarakat”ungkap sumber dari berbagai kalangan”.

Kali ini Indra Jaya( IJ )koresponden/Wartawan Majalah dan online Target Tuntas berhasil menghimpun informasi seputar pembangunan Desa Atolanu Tahun 2020-2021 bersumber dari Anggaran APBN APBDesa ADD-DD.

Idris SP kepala Desa Atolanu, Kecamatan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).saat ditemui memaparkan”Kegiatan pengelolaan anggaran Dana Desa tahun 2020 terkhusus untuk pembangunan fisik, yakni Program bedah rumah layak huni 1 unit bangunan.
Peningkatan infrastruktur jalan (perkerasan) dengan volume sepanjang 2.800 meter terdapat di 3 tempat terpisah. pembangunan Dweker 4 unit.sedangkan untuk jumlah kepala keluarga penerimaan (KPM) bantuan langsung tunai BLT DD sebanyak 31 KPM. Dengan jumlah Anggaran Dana Desa DD kurang lebih Rp.800 juta. Anggaran Alokasi Dana Desa kurang lebih sebesar Rp.380 juta.

Ditahun 2021 untuk program pembangunan fisik, terdapat 3 Unit bangunan bedah rumah masih termasuk lanjutan program tahun 2020 yang sempat tertunda akibat covid-19. Penigkatan infrastruktur jalan (perkerasan) dengan volume sepanjang 1.300 meter. Untuk jumlah penerima bantuan langsung tunai BLT DD terdapat sebanyak 12 KPM. sedangkan untuk jumlah anggaran DD kurang lebih sebesar Rp 700 juta. Dengan jumlah ADD kurang lebih Rp.380 juta .

“kegiatan Pembangunan dan jumlah anggaran tahun 2020 dan 2021 hampir berbanding lurus” ujar Kades Idris.

Menyikapi lebih lanjut,” untuk kegiatan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) Desa Atolanu bergerak di bidang usaha simpan pinjam dan UMKM, dengan total anggaran yang dialokasikan untuk Bumdes kurang lebih sebesar Rp 200 juta, di tahun Anggaran 2021 ada penambahan sebesar Rp 50 juta” imbuhnya

Desa Atolanu terdiri dari 6 dusun dengan jumlah penduduk kurang lebih 900 jiwa potensi pendapatan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian persawahan dan perkebunan, wilayah Desa Atolanu diketahui berbatasan langsung dengan wilayah Desa Lere Jaya.pungkasnya (IJ)

Penulis.Supriadi Buraerah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button