SorotSultra

Telan Anggaran Rp 0,5 Miliar. Kini Jadi Sarang Tikus Nakal.

Sultra,_ Target Tuntas.co.id-Satu unit bangunan embunng yang terletak di wilayah Desa Solewatu Kecamatan Tinondo Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara tidak dapat beroperasi dengan baik , sudah sejak lama.perhatian pemerintah terhadap bangunan tersebut seakan redup ungkap MA( 47 ) kepada target tuntas online dan cetak, saat dijumpai di area persawahan sekitaran bangunan belum lama ini.

“MA warga setempat berharap agar Pihak terkait untuk melakukan perbaikan”.

Sementara satu orang pihak pemerintah saat dimintai tanggapan”semoga tahun depan dapat di realisasikan perbaikannya”. Kata dia pada Maret lalu.

Ditempat terpisah, AN (34) menyuarakan Kepada Wartawan saat di jumpai diselah kesibunya (April 2021). bangunan embunng ambruk saat itu tengah cuaca musim hujan, tahun 2019 lalu. Bangunan tersebut baru sekali terisi air kemudian jebol/ambruk yang artinya asas manfaatnya baru sekali dinikmati oleh masyarakat/ para petani.

Selain itu seringkali di temukan tikus-tikus nakal (HAMA) mengapung diatas permukaan dasar bangunan embunng yang kering diselah rerumputan terdapat beberapa sarang.imbuhnya Terenyuh.

Senada keluhan WH( 32)(masih warga setempat-Red), satu unit bangunan embunng Desa solewatu yang terletak ditempat terpisah, diduga kuat dijadikan empang peribadi oleh Oknum dengan modus pintu Pembuka pembuangan air di kunci secara paten.Sejak tiga tahun lalu.

Lebih urai ungkapan JM, yang mengaku heran sebabnya embunng dulunya dilengkapi dengan pompa air satu set dengan mesin, dan lampu,.”sekarang tidak ada satupun fasilitas ditemukan dilokasi”.
menurutnya ada oknum yang menyulap mesin menjadi mesin traktor dan kini sedang di gunakan oleh Oknum. Kata dia.

Bangunan tersebut menelan anggaran ratusan juta rupiah Rp.510 juta, bersumber dari APBN Dana Desa tahun anggaran 2018. Kala itu Bastian S,Pd M,Pd, selaku camat Tinondo sekaligus Pelaksana jabatan kepala Desa solewatu.(TT).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button