Berita UtamaSultra

Safari Ramadhan Gubernur Sultra di Hari Pertama Ramadhan 1442 H.

KENDARI,_targettuntas.co.id- Selasa (13/4/2021), Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH. melakukan safari ramadhan di hari pertama bulan Ramadhan 1442 H (malam kedua tarawih) di Masjid Agung Al Kautsar Kendari.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur menyampaikan bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh hikmah yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan, diantaranya: bulan turunnya Al-Qur’an, bulan dimana pahala ibadah dilipatgandakan, dan bulan yang di dalamnya terdapat Lailatul Qodar yakni malam yang lebih mulia dari seribu bulan.

Selain itu, Gubernur menambahkan bahwa ibadah puasa Ramadhan sejatinya adalah penyucian jiwa untuk mencari ketakwaan sebagai derajat yang paling mulia di sisi Allah SWT sebagaimana Firman-nya dalam Al-Qur’An, surat Al Baqarah ayat 183:
“Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”.

“Dengan pemahaman dan pengalaman ibadah puasa seperti itu, disertai dengan keikhlasan menjalaninya selama satu bulan penuh, insya Allah kita dapat meraih hikmah dan berkah keutamaan dari ibadah puasa yang kita tunaikan, serta kembali pada kesucian jiwa dan meraih derajat ketakwaan sebagai derajat yang paling mulia di sisi Allah SWT, ” ungkap Gubernur.

Di akhir tausiyahnya, Gubernur bersyukur bahwa kondisi kehidupan umat beragama di Sulawesi Tenggara berjalan dengan rukun, damai dan harmonis, baik kehidupan internal umat beragama, kehidupan antar umat beragama dengan pemerintah. Capaian kondisi seperti itu tidak terlepas dari karakter dan kultur kearifan lokal masyarakat Sulawesi Tenggara yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dan semangat persudaraan.

Selain itu peran para ulama dan tokoh agama juga dinilai sangat penting dalam memberi pemahaman dan pencerahan keagamaan secara utuh dan menyeluruh.(***/TT).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button