Sultra

IDe Cemerlang Jurnalis Lahirkan AWK ,Selogam Pemersatu

Sultra,_TargetTuntas.co.id-Asosiasi Wartawan Kolaka Timur (AWK) lahir dari sebuah ide cemerlang yang kemudian berwujud menjadi sebuah organisasi lokal di kabupaten Kolaka Timur (Koltim) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

AWK mendeklarasikan sebuah organisasi pada Jumat 19/3/2021 di Desa Laingato Kec Tirawuta Kab, Koltim yang dirangkaikan bakti sosial dengan cara door to dor ke rumah masyarakat yang kurang mampu (miskin) berbagi sembako disejumlah desa dan satu wilayah Kelurahan. Sebelumnya, kegiatan tersebut diawali penyerahan bantuan Tunai untuk Masjid yang diserahkan dan diterima langsung pengurus salah satu Masjid di Lalingato serta disaksikan pemerintah setempat yakni kepala desa Lalingato. Terbilang sederhana namun dengan kekompakan jurnalis Koltim yang begitu erat telah mengukuhkan bahwa AWK telah lahir di Koltim.

Asosiasi yang terdiri dari sejumlah wartawan lokal Koltim yang berasal dari beberapa media, baik Online maupun cetak antara Lain , Prima Nusantara, Bumi Sultra, Sultra Cerdas, Kolaka Pos, Telisik, Kendari Pos, Tegas., Sultra Demo, Situs Sultra, Layar Sultra, Media Agenci, Buser Bhayangkara, RadarTenggara, Target Tuntas, Target Investigasi dan masih ada media yang belum sempat tergabung karena wartawannya belum menyatakan sikap untuk benar-benar gabung di AWK.

Dimana bantuan sembako tersebut merupakan sumbangan pribadi dari Direktur yakni Sultra Cerdas yang kemudian dipadukan dengan bantuan dana sponsor dari beberapa instansi terkait yang ikut mensupport kegiatan ini yakni, Polres Kolaka, PT Hutama Karya (HK) dan DPRD Koltim.

Sementara itu, Ketua AWK, Kusdin mengatakan, bahwa tujuan lahirnya AWK ini merupakan hasil musyawarah dari beberapa Jurnalis yang tinggal dan bertugas di Koltim dan berasal dari sejumlah perusahaan media baik Online maupun cetak.

Ia juga menuturkan, jika organisasi ini terbuka bagi siapa saja wartawan atau jurnalis yang tugas di Koltim yang hendak bergabung yang terpenting memenuhi syarat dan tunduk pada aturan yang ditetapkan dalam AD/ ART AWK.

“Asosiasi ini tidak tertutup bagi siapapun yang ingin bergabung, karena kita inginkan semua wartawan yang ada di Koltim bisa bersatu tanpa ada yang dipetak-petakan,”imbaunya.

Wartawan Kendari Pos itu, mengharapkan, semoga dengan terbentuknya organisasi wartawan lokal di Koltim ini, maka pihaknya menghimbau agar talisilaturahmi antara sesama insan pers tetap terjaga serta dapat bersinergi dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Dengan terbentuknya asosiasi ini mudah-mudahan kita sesama wartawan bisa saling mengisi dan membina silahturahmi serta dapat bersinergi dengan semua elemen masyarakat,”jelasnya.

Ditempat yang sama sekretaris AWK yang juga direktur utama PT. Situs Sultra Multimedia Grup, Darson mengatakan, bahwa lahirnya organisasi ini merupakan ide dan gagasan bersama, dengan tujuan untuk memperkokoh persatuan wartawan yang terkhusus tinggal dan tugas di Koltim. Dengan syarat memiliki wawasan di bidang jurnalistik sehingga jurnalis yang bergabung benar-benar wartawan yang paham mengenai fungsi dan tugas-tugas wartawan yang sebenarnya termasuk skill dalam menulis berita dan memahami kode etik jurnalistik.

,Asosiasi yang baru saja terbentuk ini menjadi wadah persatuan dan silaturahmi antar wartawan yang bertugas melakukan peliputan di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), Tutupnya.

Ril :AWK

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button