DaerahWajo

Kejari Wajo “Menyapu Pungli” Pelaku Mendekam di Rutan Kelas IIB Sengkang.

Target Tuntas.co.id,_ Wajo-Pada hari Selasa tanggal 09 Maret 2021 sekira pukul 13.40 WITA bertempat di Masjid Darussalam, Sempange Desa Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan.Tim Kejaksaan Negeri Wajo mengamankan oknum terduga tersandung kasus Pungutan Liar atau Gratifikasi Bantuan Operasional Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam selama masa Pandemi Covid-19 Tahun Anggaran 2020 pada Kementerian Agama Kabupaten Wajo.

Penyidik juga melakukan penggeledahan badan dan tempat di lingkungan masjid dan ditemukan uang tunai sebesar Rp.12.500.000,- (Dua Belas Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) yang diduga hasil pungutan liar atau gratifikasi serta beberapa dokumen, handphone, dan laptop. Jumlah tersebut diduga hanya sebagian kecil dari nilai yang diterima pelaku.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa tahun 2020, Kementerian Agama RI menyalurkan Bantuan Operasional Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam selama masa Pandemi Covid-19 Tahun Anggaran 2020 dimana untuk Kab.Wajo terdapat lebih kurang 132 TPQ dan 74 Madrasah Diniyah Takmiliyah yang masing-masing menerima bantuan sebesar Rp.10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah). Diduga sebagian besar lembaga penerima bantuan tersebut menyerahkan sejumlah dana yang masing-masing jumlahnya bervariasi antara Rp.1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) hingga Rp.3.500.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) kepada beberapa oknum di Kantor Kementerian Agama Kab.Wajo yang diduga diberikan atas adanya permintaan dari oknum-oknum tersebut.

Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan saksi dan dengan adanya barang bukti yang telah ditemukan, akhirnya Tim Penyidik menetapkan seorang yang berinisial MY sebagai Tersangka dan langsung dilakukan penahanan di Rutan Kelas IIB Sengkang.(red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button