Sulsel

Mengutip Keistimewaan Tinondo,Kolaka Timur.

Camat tinondo

Target Tuntas.co.id- Seputar Wilayah Kecamatan Tinondo Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Membahas tentang Tinondo, erat kaitannya atau identik dengan keberagaman suku dari berbagai daerah, walau demikian, perpecahan tidak pernah terdengar karena masyarakat hidup berdampingan dengan saling menghargai dan mengedepankan rasa persaudaraan, dan kekeluargaan.
Mereka saling menjaga, membentengi kearifan lokal budaya, adat istiadat, berhimpun dalam konteks keberagaman namun tetap berada pada kebersamaan, bersatu tekad dalam membangun daerahnya, itulah gambaran masyarakat kecamatan Tinondo.

Kecamatan Tinondo terdiri dari 1 kelurahan dan 11 Desa (Perkampungan) sesuai ferifikasi melalui valid data terdapat kurang lebih 5,800 jumlah penduduk yang wajib pilih.
Hal ini diungkapkan salah satu rekanan yang ikut serta berpartisipasi dalam pendataan beberapa waktu lalu.(pasca pilbup Kolaka Timur priode 2021-2026-Red).

Potensi alam yang dimiliki wilayah tersebut
meliputi hamparan persawahan dan perkebunan milik masyarakat.
Sebahagian besar lahan pertanian yang sebelumnya kawasan rawa Tinondon
bukan sirna melainkan, melalui kesepakatan dan kebijakan pemerintah kini lahan tersebut dikelola oleh salah satu perusahaan ternama yang bergerak di bidang industri pertanian kelapa sawit.

Tentu kesemuanya itu, bertujuan untuk meningkatkan kemajuan otonomi daerah, selain itu terbukti sesuai data yang dihimpun Pers
melalui komunikasi wawancara kepada segenap elemen masyarakat,
ragam tanggapan turut menambah catatan aktualisasi namun semuanya dapat di simpulkan bahwa hadirnya perusahaan PT SARI Reski Indonesia, merupakan suatu anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Keistimewaan lahan eks Rawa Tinondo, kini kami sekeluarga dapat bercocok tanam (Nilam) selain lahan yang kami tanami berstatus lahan pinjam pakai, pihak perusahaan juga cukup arif dan bijak.
Tutur kata salah seorang penggiat tanaman Nilam.

Salah seorang dalam rombongan menyebutkan bahwa hadirnya perusahaan PT SARI Reski Indonesia, telah banyak memutus rantai ancaman ekonomi lemah, akibat dampak Corona virus ( covid-19).

Bahkan beberapa diantaranya menuturkan harapan kepada pemerintah bahwa hadirnya perusahaan PT SARI Reski Indonesia wajib diapresiasi.

5 tahun sudah kehadirannya 5 tahun itu pula kami warga masyarakat menuai hasil dari lahan gemuk eks rawa Tinondo.

Tinondo yang dipimpin pria kelahiran asal Bumi Panrita Lopi sejak Tahun 2018, Ia adalah “H.Ahmad S.Pd M.Pd dalam roda pemerintahan yang dilakoninya tak sedikit kekeliruan yang berhasil diselesaikan dengan baik dan bijak.

Sosok enerjik dan responsif dikenal memiliki integritas yang mampu mempertahankan sinergitas mitra kerja bersama TNI dan Polri.(kokoh-Red).

Menyikapi lebih dalam akrab kata “TINONDO”, terdapat beberapa fasilitas sarana umum, meliputi fasilitas perkantoran, perbelanjaan, serta fasilitas kesehatan dan pendidikan.

Sementara untuk penerangan lampu melalui aliran PLN Kecamatan Tinondo tinggal beberapa wilayah yang belum sempat tersentuh aliran energi listrik (PLN) diantaranya Desa iwoimea.

selain itu jaringan internet belum secara keseluruhan dirasakan oleh masyarakat khususnya penggiat media sosial online (medsos-ol).

Dibalik kekurangan tersimpan sejuta keistimewaan, seperti halnya perhatian dari satuan anggota kepolisian Polres Kolaka, melalui monitoring Polsek mowewe tercatat pada bulan Februari 2021.

Responsif” kejelihan dan kelihaian anggota terlatih( Tim anti bandit) atas visi kemanusiaan berhasil menambah rasa aman di tengah situasi pademik Covid-19, patut pula di acungi jempol dan diapresiasi. Rasa aman dan kondusif merupakan bagian impian setiap insan, dari berbagai kalangan.

Jika dihitung mundur Tinondo sebelumnya merupakan salah satu Wilayah Kabupaten Kolaka, sejak tujuh tahun terakhir berhasil dimekarkan melalui para pemerhati wilayah Bumi Sultra. Alhasil kini Tinondo masuk bagian wilayah induk Kabupaten Kolaka Timur (hasil pemekaran-Red).

Kolaka Timur, sebelumnya dipimpin oleh putra daerah bumi Sultra yakni H.Tony Heriansyah selama satu periode atau sejak Kolaka Timur dikhabarkan telah resmi dimekarkan.

kemilau desa ambapa

Awal tahun 2021 kembali warga menghirup angin segar , roda pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur kembali di tenggarai putra daerah bumi Sultra, yang tak lain adalah eks Camat Tirawuta ,eks sekdta yang akrab disapa Syamsul Bahri Majid (SBM).

Kedua sosok tersebut merupakan keistimewaan yang dimiliki oleh masyarakat khususnya Tinondo.

Oleh (SuBur).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button