PalopoSulsel

Warga Kel. To’bulung Antusias Bergotong Royong

Gotong royong merupakan salah satu peninggalan pendahulu kita sejak zaman kerajaan Nusantara, dan berkembang hingga Indonesia merdeka. Warisan ini tetap dilestarikan sebagai kecintaan kita terhadap para leluhur atau para pendahulu kita, bergotong royong sering terlihat dimana mana dan masyarakat melakukan kerja Bhakti secara suka rela.

Hal ini merupakan suatu refleksi dari nilai tatanan sosial bergotong royong yang masih melekat kuat pada suatu kebiasaan kita, sehingga semangat kerja sama secara suka rela terus terpelihara secara turun temurun. Sekalipun kegiatan kerja Bhakti ini tidak diagendakan secara rutin, karena hal itu sudah melekat pada kepribadian seseorang. Jika ada pihak yang mengajak melakukan kerja Bhakti disekitar lingkungan tempat tinggal kita maka kitapun harus meyetujuinya, sudah jadi jadwal secara umum kerja Bhakti itu dilaksanakan pada hari jumat sehingga sering juga disebut Jumat bersih. Kelurahan To’Bulung yang terletak di Kecamatan Bara, Kota Palopo beberapa waktu lalu melakukan kegiatan kerja bhakti yang mana dihadiri RT dan RW, Babinkamtibmas serta masyarkat yang dipimpin oleh Jumsa S,Sos Lurah To’Bulung. Dimana seorang lurah yang sangat terlihat penuh semangat membersihkan lingkungan Kelurahan To’Bulung.
Saat kerja Bhakti ini berlangsung wartawan target tuntas Menyambangi pak Lurah yang sedang bekerja membersihkan drainase, dan membabat rumput bersama warganya.
Lurah To’Bulung Jumsa S.Sos mengatakan bahwa “kepedulian warga kelurahan ini terhadap lingkungan sangat patut kita syukuri, karena dengan keinginan mereka sendiri sehingga kerja bhakti ini terlaksana dan saya selaku Lurah sangat mengapresiasi sikap warga yang mau peduli pada lingkungan, selain itu manfaat kerja Bhakti membuat lingkungan kita tetap bersih, asri dan indah, Serta mengurangi sumber penyakit dilingkungan tempat pemukiman warga. Yang paling mengesankan pada kegiatan tersebut karena hikmahnya dapat mendekatkan hubungan antara warga sehingga terjalin hubungan yang harmonis sesama atara warga dan juga pemerintah setempat khususnya di Kelurahan To’bulung.

Penulis : Burhan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button