Maros

Kepsek SMPN 1 Maros Selalu Memberikan Motivasi Kepada Guru dan Siswanya

Maros, targettuntas.co.id – Sejak Suandi menahkodai SMPN 1 Maros berbagai peningkatan dapat dilihat secara kasat mata. Begitupun juga dengan kepemimpinannya sebagai penanggungjawab ia selalu mendapat dukungan dan respon positif dari seluruh warga sekolah. Saat wartawan media ini bertandang disekolahnya, (19/10/2020) lalu, Kepsek Suandi menyampaikan jika program sekolah tetap berjalan dengan baik, seperti proses belajar mengajar lewat online, serta penataan/perbaikan lingkungan sekolah.

Lanjut dikatakan, Kepala sekolah merupakan seseorang yang berada di garda terdepan dalam upaya mencerdaskan bangsa. Kepala sekolah merupakan ujung tombak dalam keberhasilan maju atau tidaknya suatu satuan pendidikan yang ia pimpin.

Kepala sekolah memikul tanggung jawab terhadap kenyamanan dan ketertiban lingkungan sekolah serta warga sekolahnya. Rasa aman dan nyaman ini harus dirasakan oleh guru, siswa dan orangtua. Termasuk dalam hal keamanan dan kenyamanan di masa tanggap darurat Covid-19.

Kepala sekolah memegang peranan vital sebagai leader dalam membangun pendidikan dan memastikan peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran bermakna. Seperti melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada siswanya dengan tetap menggunakan pembelajaran dilaksanakan di rumah.
Oleh sebab itu, Kata Suandi, “saya yakin dengan adanya pengambilan langkah-langkah yang tepat dan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak sekolah, maka proses pembelajaran dan pengajaran di tengah wabah Covid-19 akan berjalan lancar. Dengan adanya keputusan yang mensyaratkan siswa dan guru melakukan pembelajaran dari rumah maka kepala sekolah harus mampu menularkan semangat perubahan kepada guru, siswa dan orangtua secara cepat, dan akurat.

Lanjut dikatakan, beberapa langkah yang saya ambil sebagai kepala sekolah dalam membangun manajemen sekolah yang salah satunya tetap memasukkan unsur pembelajaran aktif di tengah pandemi Covid-19, yaitu, mendayagunakan seluruh komponen pendidikan dalam rangka menjamin terlaksananya pembelajaran dengan suasana yang berbeda

Langkah ini sangat penting mengingat bahwa kegiatan belajar mengajar akan dilakukan oleh guru dan peserta didik meskipun menggunakan metode jarak jauh (daring).

“Saya bersama para guru membuat peta pengajaran yang rinci dan akurat tentang sebaran materi yang akan dilaksanakan/ dibahas selama pandemi Covid-19. Serta meminta para guru antar mata pelajaran untuk dapat berkolaborasi dan mengatur jadwal sehingga beban tugas peserta didik tidak terlalu tinggi dan menumpuk.

Selain itu, memberikan semangat dan apresiasi kepada guru, siswa dan orangtua

Segenap pemberian motivasi kepada para guru juga saya sampaikan agar apapun kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh guru dapat dibicarakan dengan baik tentang pemanfaatan media daring ataupun solusi yang ingin di dapatkan. Guru mengajar online artinya membutuhkan ekstra energi untuk menyiapkan materi, dan lain-lain.

Seluruh warga sekolah tentunya sangat merindukan sekolah terutama bagi siswa, sekolah adalah rumah kedua bagi mereka.

Bahkan baru baru ini SMPN 1 Maros mengadakan lomba sudut baca yang diikuti oleh seluruh siswa/siswa mulai dari kelas 1′ 2 sampai kelas 3. Dan pemenang pada lomba tersebut hadianya diserahkan langsung oleh Kadis Pendidikan Maros, Ir.H.Takdir di SMPN 1 Maros. (Andi Umar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button