Sulsel

BUMDES KAREMOTINGGEBERGERAK DIBIDANG USAHA SIMPAN PINJAMAN

Sultra – targettuntas online – Seguduk upaya pemerintah dalam menggenjot peningkatan pembangunan dan pemberdayaan
Seiring perkembangan zaman merupakan suatu tuntutan pemerintah untuk memenuhi peningkatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, terkhusus wilayah desa karemotingge ‘ pembangunan yang sempat di gagas oleh “ASHAR MOITA ( KADES)” merupaka upaya untuk memakmurkan dan mensejahterakan rakyat ,kabar terkini kemajuan desa Karemotingge kecamatan tirawuta kabupaten Kolaka timur propinsi Sulawesi tenggara (SULTRA).

Yang terdiri dari 4 dusun dengan jumlah penduduk kurang lebih sekitar 500 jiwa , Secara visual warganya Dapat menikmati beberapa item pembangunan / fasilitas serta perogram kesehatan ( stanting).

Ashar moita kades”kepada awak media ini ,saat ditemui Minggu (30/8/20). Sehubungan hadirnya bencana virus Corona atau sebutan akrabnya covid-19 , mengakibatkan beberapa dampak termasuk peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, bahkan sebagian item pekerjaan pembangunan ikut tertunda pasalnya pemerintah wilayah desa, wajib melakukan program desa tanggap covid-19.ujar kades.

Meskipun ditengah situasi pademik covid-19
pemerintah desa karemotingge, tetap melakukan pembangunan, pada tahun 2020 pembangunan yang sempat di kerjakan dan sukses selsai.
Pembangunan sekolah pendidikan anak usia dini PAUD , satu paket dengan pagar , pembangunan talud , serta pemberdayaan masyarakat pengadaan jambang keluarga sehat sebanyak 19 unit masing masing 1 unit 1 kepala keluarga KK.

Sementara untuk kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai BLT-DD terdapat 26 kk penerima.jumlah tersebut merupakan hasil pendataan yang di tetapkan berdasarkan hasil sinkronisasi data atau validasi data . Antara data BST, PKH, BPNT, agar tidak menimbulkan data penerima yang dobol atau gandah.

Lanjut kades’ mengungkapkan terkait untuk anggaran dan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDES) dikelola dengan baik oleh pengurusnya, jenis kegiatannya bergerak di bidang usaha simpan pinjam, dengan penyertaan modal sebesar Rp 100 juta rupiah.sedangkang untuk jumlah anggaran dana desa kurang lebih sebesar Rp 800 juta rupiah.pungkasnya (target tuntas/SA).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button