Barru

Kepala Desa Pancana Gandeng Kejaksaan Negeri Barru kawal Anggaran Desa

Barru – targettuntas online – Kejaksaan Negeri Barru sangat berkepentingan untuk mengawal pemanfaatan Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat dari APBN benar-benar harus optimal, tepat sasaran.Melalui program andalan Adhyaksa, Jaksa Garda (Jaga) Desa, Dana Desa dikawal agar dikelola untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.
Penegakan hukum sepatutnya dapat menjadi bagian penting dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan iklim yang kondusif bagi kesinambungan pembangunan dan investasi, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan demi tercapainya tujuan Pembangunan Nasional masyarakat adil dan makmur.

Acara Pelaksanaan kegiatan penyuluhan Hukum bertempat di Baruga sayang Colliq Pujie Pancana Rabu, 12/08/20 yang dibuka secara langsung oleh Kepala Desa Pancana. yang dihadiri para perangkat Desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan Tokoh Masyarakat Desa Pancana MNserta menghadirkan pemateri dari Kejaksaan Negeri Barru.
Kepala Desa Pancana M. Idris. T dalam sambutan singkatnya menyampaikan rasa terima kasih pemerintah dan masyarakat Desa Pancana atas kedatangan pihak Kejaksaan Negeri Barru selaku Penyuluh hukum dalam rangka menghadiri Undangan kami untuk memberikan penyuluhan Hukum di Wilayah Desa Pancana.
Selaku Kepala Desa Idris juga mengharapkan agar para perangkat Desa dan Tokoh masyarakat yang hadir dapat memperhatikan dan serius dalam menerima materi penyuluhan hukum, agar nantinya dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari, dan dapat mengawal super ketat pembangunan di segala bidang yang didanai oleh Negara,

Sementara itu Kasintel Kejaksaan Negeri Barru Ryan Ardansyah,SH selaku pemateri menyampaikan bahwa kejaksaan Negeri Barru dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya selaku aparat penegak hukum di wilayah Kabupaten Barru dengan bersandar pada Nawacita butir ke-3 terkait dengan pengawalan Dana Desa, dengan mengedepankan aspek pencegahan (preventif), maka pihak Kejaksaan menjalankan program Jaga Desa dalam rangka terwujudnya pendistribusian dan penggunaan Dana Desa secara optimal.

Ryan lanjut menjelaskan bahwa Jajaran Kejari Barru pun selalu mengingatkan pemerintahan desa se-Kabupaten Barru akan pentingnya memanfaatkan dana Desa yang baik menurut ketentuan hukum yang berlaku.

Tak hanya itu, lanjut Ryan, membangun desa penting dalam menunjang kelangsungan pembangunan nasional. Untuk itu, semua pihak pemangku kepentingan ( stakeholder ) pembangunan desa harus bergerak bersama dan bersinergi sehingga pembangunan daerah di Kabupaten Barru dapat terdorong penciptaan semaksimal mungkin.

Ryan Ardansyah lebih jauh menyampaikan bahwa, wajib hukumnya bagi insan Adhyaksa di Kejari Barru untuk ambil andil dalam mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Barru dengan mengawal optimalisasi pemanfaatan Dana Desa.

Kami berjalan bergandengan tangan dengan aparatur Desa di seluruh Kabupaten Barru dalam penggunaan anggaran Dana Desa seoptimal mungkin, sesuai sasaran,” ujar Ryan.

Untuk memastikan hal itu , pihak Kejari Barrru dalam hal ini telah memberikan pendampingan kepada kepala desa beserta perangkatnya berupa penyuluhan hukum seputar Tata Kelola Keuangan yang baik dan benar sesuai koridor hukum yang berlaku.

Berbicara tentang program Jaga Desa tujuannya adalah menjadikan Kejaksaan sebagai rumah yang nyaman bagi perangkat desa dalam menjalankan dan menyampaikan permasalahan-permasalahan dalam pengelolaan Dana Desa, sehingga bisa menghindari kesan ketakutan bagi Kepala Desa dan perangkat perangkat desa dalam organisasi Dana Desa,” cetus Ryan.

Kejaksaan Negeri Barru dalam mengembang tanggung jawab dan amanah yang diamanatkan Kejaksaan Republik Indonesia untuk mengawal pendistribusian anggaran Dana Desa yang sangat besar di lingkungan kerja masing-masing. Perhatian tersebut diberikan dalam wujud penyuluhan kepada aparat pemerintahan desa tentang Tata Kelola Keuangan Negara.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button