Sulsel

Kades Talodo Merakyat dan Sangat Peduli Warganya

Kotim, targettuntas.co.id. Kades Talodo, Sautia, S.Ip membenarkan wilayah yang dipimpinnya setiap tahun mendapatkan glontoran bantuan yang bersumber dari pemerintah kabupaten dan propinsi, hal ini di ungkapkan saat di temui (30/7/2020).

Desa Talodo, kecamatan Lalolae, berbatasan
langsung dengan desa Lamunde kecamatan Tinondo. Kedua wilayah tersebut masih merupakan wilayah kabupaten Kolaka Timur propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dimana mayoritar penduduknya mengandalkan mata pencahariannya di sektor pertanian persawahan , perkebunan dan sebagian di bidang usaha mikro kecil dan menengah.

Desa Talodo yang terdiri atas 3 dusun dengan jumlah penduduk kurang lebih sekitar 800 jiwa,
dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 206 KK.

Sosok SAUTIA sejak terpilihnya menjadi kepala desa pada bulan Desember tahun 2016 dan dilantik di bulan Februari 2017, jenjang karir, tanggung jawab dan reputasinya, beserta visi-misi pembangunan desa di kutip dari berbagai keberhasilan di bidang pembangun dan pemberdayaan.

Salasatu bentuk nyata dalam memajukan desa Talodo terkusus pembangunan (fisik) secara transparansi pengelolaan, APBDesa mulai sejak tahun 2017 sampai thn 2020.

Secara terurai, Sautia menjelaskan untuk anggaran pembangunan tahun 2017, berdasarkan program kerjanya membangunan,rumah layak huni bagi warga yang kurang mampu,pembangunan bak air bersih, dan pembangunan toilet umum (WC) di setiap lingkungan dusun,sebanyak 20 unit. Pada tahun berikutnya ( 2018), pembangunan drenase 388 meter (didusun 1),pembangunan irigasi 250 meter (didusun 3) dan sarana kesehatan (Puskesdes) .

Sesuai program pembangunan desa Talodo hingga memasuki APBDesa tahun 2019, gerakan membangun semakin nampak dengan kegiatan pembukaan perintisan jalan tani 700 meter , pembangunan dinasti wisata embun dilengkapi dengan fasilitas kasebo disetiap sudut bangunan wisata.

Sementara ditahun 2020 pembangunan (fisik) tetap dilanjutkan meski dalam situasi pademi covid-19 namun bukan menjadi penghalang peningkatan kemajuan desa.
Kades Sautia kembali merintis jalan usaha tani sepanjang 900 meter dan pembangunan saluran irigasi sepanjang 750 meter dan pengadaan lampu jalan di semua lingkungan wilayah desa Talodo,masing masing satu unit ( lampu) setiap halaman rumah warga. Salain itu propram desa tanggap covid-19 beberapa jenis bantuan yang sukses di salurkan kepada masyarakat, mulai bantuan sembako peropinsi dan kabupaten,serta jenis bantuan PKH, BST, BPNT,dan BLT DD.

Sementara untuk pengelolaan badan usaha milik desa BUMDES di kelolah dengan baik oleh masyarakat. Pihaknya mengucurkan dana sebesar Rp 250 jt.
Mulai sejak tahun 2015 di dirikan dengan nama bumdes Setia Sari, untuk jenis kegiatan terdapat beberapa kegiatan usaha diantaranya sapurodi, sembako dan pengelolaan penyulingan minyak Nilam (Ketel).

Menelisik lebih jauh, bantuan yang bersumber dari anggaran APBD dan APBN, pemerintah kabupaten dan propinsi, Sautia mengakui wilayah desanya setiap tahun mendapatkan bantuan mulai dari benih bibit jagung,pupuk,ternak sapi,pengadaan Pamsimas, pembagian kilometer air bersih setiap rumah warga, pembangunan irigasi persawahan, dan tahun 2019 sempat mendapatkan peningkatan pembangunan infrastruktur jalan (pengaspalan) sepanjang 1,5 kilometer, pungkasnya

Secara terpisah, masnah (42 tahun) warga dusun 3 saat dimintai keterangan seputar program kegiatan desa Talodo . (30/7/2020)

Mengakui kali Ibu desa, sangat peduli kepada kami semua sejak beliu menjadi kepala desa, nampak jelas perubahan kemajuan desa ini mulai dari peningkatan pembangunan infrastruktur jalan hingga peningkatan pendapatan ekonomi. Selain itu, ketertiban lingkungan juga sudah terasa aman dan damai
Ungkap, Masnah sambil menunjuk salasatu bukti kegiatan pembangunan desa Talodo(Supriadi buraerah mnc)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button