Sorot

Gapoktan Desa Talle Macet Rugikan Negara

Sinjai, targettuntas.co.id. Muzakir, ( 27 Thn) yang akrab dipanggil Jakki mengungkapkan uneg-unegnya kepada awak media ini, melalui telepon seluler, (3/7/2020)
Berbagai spekulasi, turut dilontarkan kepada awak media ini, sambil membenarkan kalau Gapoktan tersebut gagal dalam pengelolaan, bahkan memberikan keterangan kalau semua pihak yang bersangkutan siap mengembalikan dana pengadaan pupuk (Gapoktan), urai, Jakki, yang merupakan menantu Umar Mude, (Kadus Lempong Cellae).

Jakki mengaku mendapatkan informasi dari Amiruddin, warga Lempong Cellae,
“Iye Amiruddin yang sampaikan kepada saya kalau ada media yang muat berita tentang Gapoktan Desa Talle, makanya saya menelepon,” ujarnya.
Sementara, Umar Mude sangat susah untuk ditemui.
Seiring berjalannya waktu, ketua Gapoktan Desa Talle Mappiare, S.Ag yang beberapa kali termasuk menyambangi kediamannya di lingkungan Aju Coloe, lagi-lagi tidak ada di tempat. Sementara, mantan sekretaris Gapoktan, Asis Jude, mengaku terkait dengan pengelolaan anggaran pengadaan pupuk dan ternak sudah diserahkan kepada ketua dan bendahara.
“Iye saya sudah serahkan kepada ketua kelompok dan bendahara pada saat itu karena saya, mau fokus di kantor, ujar mantan sekertaris Gapoktan saat dihubungi di ruang kerjanya.

Hasmah yang disebut sebagai bendahara mengaku kalau saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi kepada semua pihak yang bersangkutan, “kami sebagai pengurus sudah mngambil langkah untuk meminta kembali dana yang sudah kami bagikan”, ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan sesuai rilis WhatsAppnya, Langkah yang pernah kami lakukan menyampaikan ke seluruh kelompok tani untuk menampakkan kembali penggunaan dana yang ada di tangan mereka, kalaupun tidak sanggup lagi kami sarankan untuk mngembalikan modal yang ada di tangan masing-masing kelompok untuk dibagikan lagi pada kelompok lain dan mereka siap, akan tetapi kita ketahui keadaan yang kita hadapi sekarang ini mudah-mudahan kita sebagai manusia biasa memaklumi hal ini karena kita semua pasti punya keterbatasan, kekurangan dan pernah mengalami kegagalan.

Namun semua kegagalan itu akan menjadi pengalaman dan sekaligus menjadi pembelajaran bagi kami, tutup Hasmah.

Sebelumnya telah diberitakan oleh media ini Usut Tuntas Gapoktan Desa Talle Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai propinsi Sulawesi Selatan. Diperkirakan anggaran pupuk Gapoktan yang digelontorkan sekitar tahun 2003.

Anggaran pengadaan pupuk dan pengadaan ternak sapi, mencapai ratusan juta rupiah, diharap kepada penegak hukum dan pihak yang berkompeten agar turun tangan menindaklanjuti adanya dugaan penyimpangan dana yang dapat merugikan negara. (Supriadi buraerah).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button