Daerah

Desa Palangka Sukses Salurkan BLT DD

Sinjai. targettuntas.co.id. Pemerintah desa Palangka kecamatan Sinjai Selatan, kabupaten Sinjai, Sulsel, yang terdiri dari lima (5 dusun).

Kepala Desa Palangka, Kamaruddin mengaku kalau desa Palangka yang dipimpinnya telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Sebanyak 175 KK penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) tahap 1, 2 dan tahap ke 3 sudah tersalurkan.

Adapun jumlah BLT DD sebanyak Rp.600.000,-/ Kepala Keluarga (KK) atau secara keseluruhan (Rp.1.800.000,-/ 3 tahap), ungkap Kamaruddin kepada wartawan TT.

Untuk kelanjutan BLT DD (Rp.300,000,’ / KK) namun masih sementara menunggu hasil rapat, yang akan di gelar melalui musyawarah desa (musdes) dalam waktu dekat ini, ungkap Muhammad Ramli sekertaris desa Palangka saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (7/7/2020).

Dari, jumlah 175 kk penerima, tidak ada perubahan tambahan maupun pengurangan jumlah KK penerima, intinya sesuai hasil pendataan, serta verifikasi dan validasi data, berdasarkan 14 keriteria penerima, BLT DD. Untuk penyaluran BLT DD tahap 1 , secara door to door, tahap 2 dan tahap 3 di tempatkan di kantor desa, ketiganya melibatkan beberapa sektor pemerintahan kecamatan dan kabupaten.

Sedangkan jenis bantuan diluar dari Anggaran Dana Desa (DD) diantaranya, bantuan SEMBAKO, PKH, BPNT, dan BST perluasan dan beberapa bantuan lainnya.

Lanjut Muhammad Ramli , menjelaskan soal kegiatan tahun anggaran 2020 untuk alokasi, pengguna dana, percepatan pencegahan covid-19 sebesar Rp. 52 jt dengan realisasi penggunaan anggaran sebesar Rp. 51 jt .


Sementara untuk kegiatan pembangunan, infrastruktur (fisik) realisasi sementara empat titik (4 item) 1 item perintisan jalan tani dan tiga (3 item rabat beton) satu diantaranya rehab, rabat beton.
Beber, sekdes.

Secara terpisah ISYA (61 THN) salasatu warga desa Palangka dusun Karumassing,(Batu Misyo) membenarkan kegiatan penyaluran serta jumlah bantuan BLT DD sebesar Rp 600.000′ yang akan disalurkan sebanyak 3 tahap yang totalnya Rp.1.800.000,-.
“IIsya mengaku diantarkan langsung oleh kepala desa Kamaruddin bersama tiga orang bahkan saya sempat berfoto bersama-sama, pada saat saya terima BLT DD, selanjutnya saya terima langsung di kantor desa,”ujarnya.
Ungkapan terima kasih turut dilontarkan, dengan bantuan ini, ISYA sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah, atas adanya bantuan BLT DD bagi saya ini sangat membantu, katanya.

Isya mengaku sudah cukup lama tinggal dilingkungan Batu Misyo, dengan menggunakan alat penerangan tradisional. “Iye, sejak saya tinggal disini lampu yang saya gunakan, hanya pelita atau, bahasa Bugisnya “SULO” ucap ISYA dengan nada tegar.

Sambil menyodorkan secangkir kopi kepada media ini,ISYA menyebutkan satu nama anak kemanakan bernama Selvia yang pernah tinggal bersamanya selama 3 tahun saat itu Selvia sekolah di Madrasah Sanawiah Biji Nangka kecamatan Sinjai Borong, sejak tamat ia ke kota Jakarta untuk bekerja, sempat beberapa hari lalu mengirimkan dana untuk pengadaan kilometer atau lampu listrik. Jadi ini lampu belum cukup satu Minggu, ungkap Isya.

Kini ISYA sosok perempun yang cukup tangguh tinggal sebatang kara, di rumah yang cukup sederhana.

Bahkan kisah pilu, goresan luka mendalam atas beberapa musibah yang pernah menimpanya.
Sempat terbesit, melalui nada suara, gemetar nan sedih, dengan tatapan mata berkaca-kaca.
Dan dirinya mengaku tidak akan pernah bisa melupakan peristiwa saat itu meski sudah puluhan tahun silam, sesuai curhatannya.
Ibunya bersama satu saudaranya hanyut di sungai dan di temukan sehari setelah kejadian, saat di temukan keduanya telah meninggal dunia dan dikuburkan di lokasi desa Biji Nangka. Peristiwa itu terjadi di perkirakan saat ISYA berumur 9 tahun saat itu belum ada jembatan penghubung antara desa Palangka dan Desa Biji Nangka yang berada dilokasi peristiwa,
Kuncinya. (SUPRIADI BURAERAH)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button