Barru

Deklarasi ODF, Sekaligus Resmikan Kantor Desa Lipukasi

Barru – targettuntas online – Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., menghadiri kegiatan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop BABS di Desa Lipukasi dan sekaligus meresmikan Kantor Desa Lipukasi, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Selasa (30/6).

Deklarasi ODF ini, adalah upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru bersama Pemerintah Kecamatan dan Desa/Kelurahan, serta elemen masyarakat, mengkampanyekan stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Kegiatan Deklarasi ODF dan Peresmian Kantor Desa Lipukasi tersebut dihadiri oleh, Anggota DPRD Barru, H. Syahrullah, Kadis BPMD Barru, Camat Tanete Rilau, Akmaluddin S.STP. M.Si., Kapolsek Tanete Rilau, Sudarto S.Sos, Kepala Puskesmas Pekkae, Kades Lipukasi, Maharuddin, Bhabinkamtibmas Polsek Tanete Rilau, Bripka Tajuddin, Babinsa Desa Lipukasi Kopka Abdul Latif Bhaloes dan Tokoh Masyarakat, serta puluhan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., menyampaikan apresiasi terhadap pembangunan Kantor Desa Lipukasi.

Terkait dengan ODF Suardi Saleh mengatakan bahwa, deklarasi ODF adalah untuk merubah perilaku masyarakat untuk tidak BABS., agar masyarakat tetap sehat.

“Kabupaten Barru sudah empat kali mendapat penghargaan sebagai Kota sehat. Persyaratan sekarang untuk ikut dalam Lomba Kota Sehat adalah harus ODF” kata Suardi Saleh, usai melakukan pengguntingan pita peresmian Kantor Desa.

Suardi Saleh menambahkan, upaya desa menuju ODF adalah dengan sinergitas yang baik antara Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kadus, RT, dan seluruh masyarakat.

Sementara itu ditempat yang sama, Kades Lipukasi, Maharuddin menjelaskan bahwa di Desa Lipukasi terdapat 6 Dusun, program ODF ini sudah berjalan selama satu tahun, mulai Januari 2019.

“Jumlah KK yang sudah ODF di Desa Lipukasi sebanyak 1303, sedangkan yang belum ODF 31 KK. Sementara anggaran yang di habiskan untuk program ini, sebanyak Rp. 31.125.000″ ujar Maharuddin.

Kemudian kata Maharuddin, pada tanggal 29 Januari 2019 lalu, pihak Puskesmas telah menyatakan bahwa Desa Lipukasi sudah ODF.

“Kami sebagai Pemdes akan terus mengupayakan untuk menjaga agar Desa kita ini tetap ODF” Pungkasnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button