Barru

Pegerjaan ruas jalan betonisasi dibeberapa lokasi dibarru yang mengalami kerusakan segera dilakukan perbaikan

Barru — targettuntas online – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barru mengakui kalau proyek pembangunan jalan Beton dibeberapa lokasi yang ada di Kabupaten Barru yang Sebelumnya diberitakan, bahwa Proyek pembangunan ruas jalan di beberapa lokasi, di Kabupaten Barru senilai miliaran Rupiah sedikit mengalami kerusakan.

Kepala Bidang Bina Marga  DPUPR Kabupaten Barru Andi Indra.J,ST,MT saat dikonfirmasi Tim Investigasi target tuntas online terkait beberapa pekerjaan Betonisasi mengakui, mengklaim kerusakan tersebut yang diakibatkan kendaraan yang melintas di jalan itu melebihi tonase.

Setelah Tim Investigasi Target Tuntas bersama Kepala Dinas PUPR Kabupaten Barru Drs. Baharuddin, Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Barru Andi Indra. J, ST,MT, Kepala Seksi Jalan Bina Marga Muhammad Jafar, ST, beserta dari Pihak Rekanan PT. Valantey Konstruksi Indonesia Jhon melakukakan pemantauan secara langsung di Lokasi Pembangunan Ruas Jalan Betonisasi yang rusak . dan
Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, proyek yang dikerjakan oleh PT. Valantey Konstruksi Indonesia.

Kendati demikian, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Barru Andi Indra.J,ST,MT dengan sikap tegas dia perintahkan kepada pihak rekanan agar segera mengerjakan dan memperbaiki proyek pembangunan Ruas jalan tersebut karena proyek jalan yang sudah rampung dikerjakan kurang berkualitas.

“Kabid Bina marga menambahkan usai pasca lebaran idul fitri kami sudah turun kelapangan dan memantau langsung ruas jalan yang mengalami kerusakan agar kiranya secepat mungkin dapat diperbaiki agar masyarakat dapat memanfaatkan jalanan tersebut.Saya sudah perintahkan kepada pihak rekanan (kontraktor) untuk segera memperbaiki kembali proyek pekerjaan tersebut karena ada yang sudah retak dan juga permukaannya tampak kasar dipermukaan kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Barru.
Andi Indra menuturkan, bahwa teguran atau perintah kepada pihak rekanan supaya memperbaiki kembali proyek pembangunan jalan tersebut yang telah disampaikan secara langsung kepada pihak Kontraktor.

Menurutnya, proyek pekerjaan Betonisasi Ruas jalan yang menghabiskan Miliaran Rupiah anggarannya yang bersumber dari Dana Alokasi Umum harus dikeruk sekitar 10 cm kemudian di Cor ulang untuk mendapatkan mutu kwalitas yang lebih baik karena proyek yang dikerjakan (proyek, red) yang masih dalam masa pemeliharaan,” kata Andi indra.J,ST,MT yang juga merangkap sebagai PPK (Pejabat Pembuat komitmen,) Selasa (09/06/2020), di Lokasi tempat pemantauan.

rekanan dalam hal ini dari pihak PT. Valantey Konstruksi Indonesia berkeinginan agar kerusakan jalan dimaksud akan dilakukan pengaspalan ( hotmix ),
Namun pihak PUPR dalam hal ini Kepala Dinas PUPR DRS.Baharuddin menolak atau tidak menyetujui jika jalan betonisasi yang rusak dilapisi dengan aspal tetapi dia inginkan kepihak rekanan harus dibetonisasi sesuai yang tertuang dalam kontrak atau RAB.
menurut Kadis Kalau aspal dengan betonisasi tentunya akan ada perbedaan volume, dan Alhamdulillah akhirnya Pihak rekanan sudah sepakat untuk memperbaiki kembali proyek jalan tersebut. dengan menggunakan betonisai ( cor ).

Pelaksanaan perbaikan pun akan dilakukan oleh PT. Valantey Konstruksi Indonesia itu sendiri yang diawasi langsung oleh Muhamad jafar.St. yang juga Kepala Seksi Jalan pada bidang Bina Marga Kabupaten Barru dan akan tetap berada dalam pantauan Tim Investigasi Media ini.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Barru Drs Baharuddin menegaskan bahwa ia tidak akan segan-segan memberikan sanksi terhadap kontraktor pelaksana yang tidak melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kontraknya, dan bila terbukti pengerjaan di lapangan tidak sesuai apa yang dituangkan dalam kontrak, maka akan diminta pihak rekanan ( kontraktor) untuk mempertanggung jawabkan sesuai yang disepakati.

Sementara Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh menyatakan pembangunan infrastruktur merupakan salah satu organ yang vital dalam pertumbuhan ekonomi suatu daerah antara pembangunan infrastruktur ibarat dua sisi koin mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Karena dampak pembangunan infrastruktur dapat menjadi salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya pertumbuhan ekonomi yang positif akan mendorong peningkatan kebutuhan berbagai infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur membutuhkan komitmen dari berbagai pihak yang terlibat langsung dengan bidang ini. Komitmen dari sejumlah pihak terkait merupakan hal pertama yang sangat mempengaruhi keberhasilan pembangunan infrastruktur. Tentunya komitmen tersebut harus dibarengi dengan dukungan dari setiap elemnen masyarakat,” paparnya.

Bupati menghimbau kepada para penyedia jasa dibutuhkan komitmennya untuk mengerjakan pekerjaan infrastruktur dengan kuantitas dan kualitas yang sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Kepada para pengawas dan PPK dibutuhkan komitmennya untuk menjalankan tugasnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku…astt

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button