Sulsel

Oknum ASN Tarakan Kurir 41 Kg Sabu Divonis Mati

TARAKAN – targettuntas online – Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Tarakan, Firman Kurniawan mendapatkan vonis hukuman mati. Vonis dibacakan di Pengadilan Negeri Samarinda, Selasa (2/6/2020) malam bersamaan dengan tiga terdakwa lainnya, Tanjidillah alias Tanco, Rudiansyah, dan Aryanto Saputro.

“Keempat-empatnya hukuman mati. Kami akan rembukkan dulu dengan keluarganya, rencana besok (hari ini. red) langkah hukum apa yang akan dilakukan,” ujar salah satu Penasehat Hukum Firman, Syafruddin saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Rabu (5/6/2020).

Syafruddin memastikan, pihaknya akan menyatakan banding namun pernyataan belum disampaikan di persidangan. Usai mendengarkan putusan, dari pihak Penasehat Hukum belum menyatakan sikap, memanfaatkan waktu 7 hari untuk pikir-pikir.

“Sudah pasti kita banding, kita harapkan putusan seumur hidup saja. Tapi, ternyata Hakim memenuhi tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), hukuman mati,” imbuhnya.

Ia mengatakan, Firman sebenarnya hanya kurir dan tidak mengetahui sabu yang dibawanya seberat 41 kg lebih. Seharusnya, ada perbedaan hukuman antara aktor intelektual dan orang yang disuruh. Dalam hukum pidana, kata dia memisahkan orang yang turut serta dan orang yang diikuti.

Menurutnya, beban dan tanggung jawab seharusnya ada perbedaan. Namun, Majelis Hakim hanya melihat dari total barang bukti 41 kg sabu dan mengeneralisir hukuman kepada semua terdakwa.

Terdakwa yang menyuruh, Tanjidilah alias Tanco, kata Syafruddin tidak pernah memberitahukan Firman berapa jumlah sabu yang akan dibawa ke Samarinda. Cuma menaikkan sabu yang dikemas dalam kotak, ke atas mobil. Meski, sebenarnya Firman mengetahui barang yang dibawanya berisi narkoba.

Untuk diketahui, Firman Kurniawan dituntut hukuman mati, dengan barang bukti 41 kg sabu yang dibawanya dari Tarakan menggunakan mobil Ford Ranger Double Cabin, bernomor polisi KT 8464 BO menuju ke Samarinda.

Dalam berita sebelumnya, Firman ditangkap BNN RI awal Oktober lalu di salah satu rumah makan di jalan poros Kutim-Samarinda. Setelah Firman, pada hari yang sama diamankan lagi 3 orang, kurir, penerima dan pemiliknya di Samarinda dan Balikpapan, Tanjidillah alias Tanco, Rudiansyah, dan Aryanto Saputro. Dari Firman dan ketiga rekannya ini, diamankan sabu seberat 41 kg. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button