Barru

Desa Lompo Tengah Salurkan BLT DD Tahap Pertama ke 119 KK

Barru – targettuntas online – pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat desa. BLT yang bersumber dari dana desa ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat akibat pandemi corona (covid-19), “Untuk tahap pertama ini yakni bulan April diserahkan hari ini kepada 119 Kepala Keluarga (KK) dibagikan untuk per KK kepada Masyarakat desa yang masuk dalam daftar keluarga penerima manfaat akan mendapat Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan.

Maka kalau ditotal, masyarakat bisa mendapat Rp 1,8 juta dari dana desa, pemberian Bantuan langsung Tunai di serahkan dengan cara melalui rekeningnya masing masing, pembagian BLT oleh Kepala Desa Lompo Tengah H. Burhan Abdullah turut dihadiri oleh Babinsa SERTU Amir Hamzah, Bhabinkamtibmas BRIPKA Yasir, Wakil Ketua BPD Desa Lompo Tengah Faharuddin

Kepala Desa Lompo Tengah Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru H. Burhan Abdullah mengatakan, BLT ini akan diberikan bagi masyarakat desa yang masuk dalam pendataan RT, Masyarakat yang akan masuk pendataan adalah mereka yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi corona.

Bantuan ini juga diperuntukkan bagi pihak yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat. Artinya, penerima BLT dari Dana Desa merupakan mereka yang tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) lain, hingga Kartu Prakerja.

“Semuanya kami upayakan tidak tumpang tindih, makanya pendataannya oleh Ketua RT masing masing yang paling paham, kami tidak ikut campur,” ujarnya, Selasa 19/05/ 2020.

Selanjutnya bila sudah masuk ke dalam daftar pendataan dan dinyatakan valid, maka BLT pun akan diberikan berbeda dengan Desa lain yang membagikan secara tunai..tapi di desa Lompo tengah diserahkan dengan cara melalui Rekening masing masing.
Menurutnya H.Burhan, penyaluran BLT Dana Desa melalui bank akan mendidik masyarakat penerima bantuan untuk mulai menabung. Pasalnya, di masa pandemi Covid-19, banyak kegiatan ekonomi yang terbatasi sehingga budaya menabung perlu digaungkan kembali khususnya bagi masyarakat akar rumput.

“Untuk tahap pertama ini yakni bulan April diserahkan hari ini kepada 119 Kepala Keluarga (KK) dibagikan untuk per KK sebanyak Rp 600 Ribu,” ungkap Kades Lompo Tengah

Sementara Babinsa 1405-08/mts untuk Desa Lompo Tengah Sertu Amir Hamzah menyampaikan suatu harapan, agar bantuan dana tersebut bisa bermanfaat dan sedikit membantu keperluan sehari hari selama covid 19.

Lanjut Sertu Bakhtiar memaparkan bahwa disamping pembagian BLT, tak ketinggalan pula, kami bersama kepala Desa selalu memberikan Edukasi kepada Masyarakat tentang pentingnya selalu memakai Masker dan cuci tangan jelasnya.
Dikesempatan yang sama, Bhabinkamtibmas polsek Tanete Rilau untuk Desa Lompo Tengah , Bripka Yasir mengatakan, pembagian BLT di desa Lompo Tengah cukup bagus pelaksanaanya dan transparan karena di hadiri beberapa pihak terkait.

“Pelaksanaan pembagian BLT desa ini berjalan aman dan kondusif. Masyarakat penerima BLT tetap menjaga protokol kesehatan seperti jaga jarak dan memakai masker” ujar.//astt

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button