Sulsel

Kades Towua Kolaka Salurkan Bantuan BLT DD

KOLAKA, targettuntas.co.id. Pemerintah Desa Towua tanggap dengan kondisi warganya yang terdampak virus corona, dengan melakukan penyaluran Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT DD), penyaluran bantuan ini merupakan yang pertama di Kec Wundulako Kab. Kolaka Sultra. Hal ini di katakan kepala Desa Towua Basman kepada awak media ini diselah selah penyerahan bantuan di kantor Desa Towua, Jumat (8 /5).

“Bantuan BLT DD ini merupakan respon kami kepada warga yang terkena dampak corona,adapun jumlah keluarga penerima manfaat sebanyak 144 warga atau total anggaran sebesar 259 .200.000. sesuai dari data tim relawan yang bekerja, melakukan pendataan dari tingkat dusun. Bantuan ini merupakan pertama kali diterima oleh warga karena dampak corona dan Desa Towua merupakan desa pertama di Kec Wundulako menyalurkan Bantuan BLT DD”, ungkap Kades.

Basman mengatakan, jika penyaluran BLT DD di desa Towua berdasarkan regulasi dari kementrian desa dan petunjuk tehnis pendataan calon penerima BLT.

“Tim Relawan mendata dan menyalurkan bantuan BLT DD, berdasarkan petunjuk tehnis pendataan calon penerima BLT DD dan juga berpedoman pada regulasi permendesa no.6 tahun 2020, tentang perubahan prioritas penggunaan dana desa tahun 2020, yang disebutkan bahwa dana desa dapat digunakan untuk BLT yang besarnya maksimal 30 persen dari pagu alokasi dana desa yang diperuntukkan bagi keluarga miskin berdampak corona.”,

Basman menegaskan, pendataan warga penerima BLT DD terfokus pada warga non PKH DAN BPNT.

“Jadi dari 144 penerima BLT DD, mereka warga kami yang belum terdaftar sebagai Penerima BPNT dan program PKH.yang kehilangan mata pencaharian dan belum terdata di DTKS atau memiliki anggota keluarga yang sakit kritis,

Adapun jumlah dana bantuan yang diterima bagi warga sebesar 600 ribu perbulan,yang dibayarkan selama tiga bulan, sehingga masyarakat nantinya menerima total 1,8 juta.

Dengan bantuan ini masyarakat sangat terbantu dalam kebutuhan di bulan ramadhan dan meringankan beban ekonomi warga,”ucap Basman,

Diakhir wawancara Basman menjelaskan, kegiatan pembangunan yang ditunda karna program BLT.

Untuk mendukung program BLT DD, kami alokasikan Dana desa sebesar 30 persen dari jumlah penerima BLT atau sebesar 259 juta dan ini berpengaruh pada beberapa item pekerjaan yang di tunda pelaksanaannya. Seperti, pekerjaan tallud. drainase bantuan bibit dan bantuan rumah tidak layak huni”, ujarnya.

Sementara itu, Darwis kepala Dusun Lima desa Towua yang mendampingi warganya dalam penerimaan BLT DD mengapresiasi kepedulian bantuan pemerintah.

” Kami selaku warga berterima kasih kepada pemerintah atas kebijakan memberikan BLT DD kepada warga ,karna menurut kami bantuan ini sangat berarti bagi warga ditengah situasi yang menghimpit ekonomi. (lH)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button