Sulsel

Kades Pewutaa Prioritas Dana Desa Fokus pada Pembangunan Infrastruktur serta Antisipasi Covid-19

KOLAKA, targettuntas.co.id. Sesuai yang di ungkapkan Saniasa Kepala Desa Pewutaa , bahwa pemerintahan desa merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat dan daerah,yang memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan yang baik dan pemenuhan infrastruktur yang tepat manfaat bagi warga. Hal ini dikemukakan kepada wartwan TT di kantor desa Pewutaa Kec. Baula Kab. Kolaka Sultra, Jumat (1/5).

“Selaku Kepala Desa saya bertanggung jawab memberikan yang terbaik bagi warga baik dari pelayanan pemerintahan juga memenuhi keinginan. Warga terkait pemenuhan infrastruktur yang tepat sasaran dan tepat manfaat. bagaimanapun selaku kepala desa adalah perpanjangan tangan pemerintah yang berada di tingkat bawah”, ungkap Kades.

Mengenai pelaksanaan pembangunan di Pewutaa, Saniasa mengatakan, setiap kegiatan merupakan usulan warga melalui proses musyawarah.

“Pelaksanaan pembangunan di desa kami semua berawal dari usulan orang banyak melalui proses musyawarah tingkat dusun dan dilanjutkan ke musyawarah desa .kemudian dari hasil mufakat , kemudian usulan kegiatan di masukkan dalam Apbdes yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan, sementara dalam pelaksanaan kegiatan setiap item pekerjaan di pasangkan papan informasi dan prasasti jika sudah selesai dikerjakan.ini kami lakukan sebagai wujud keterbukaan dalam pengelolaan dana desa”, ujarnya.

Saniaaa mengatakan, jika tahun 2020 Desa Pewutaa dapat kucuran dana dari pemerintah sebesar 1.3 milyar yang digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan mendukung kegiatan pembangunan”.

Lanjut Saniasa, menguraikan pelaksanaan pembangunan tahun 2020 dan rencana perubahannya.

“Sesuai hasil musyawarah ada beberapa kegiatan yang menjadi skala prioritas. masih fokus pada pembangunan peningkatan jalan desa yang menghubungkan Desa Pewutaa dan Desa Watalara. Pembangunan jalan usaha tani, serta pembangunan Drainase, tiga kegiatan ini sangat mendukung aktivitas warga Pewutaa yang kebanyakan berprofesi sebagai petani”, ungkap Saniasa

Sementara kegiatan pembangunan menjadi skala prioritas, berupa sambungan instalasi air minum kerumah warga dan pengadaan penerangan.lampu jalan (PJU) untuk mewujudkan program desa terang.,dana desa juga digunakan juga mendukung penyelenggaraan posyandu penyelenggaraan poskesdes dan penyelenggaraan Paud.

Namun karena adanya wabah corona dipastikan ada beberapa kegiatan yang ditunda pelaksanaannya karna sebagian dana desa akan dialihkan pada program BLT DD.dan kegiatan pendataannya juga sementara berprose, jelas Saniasa.

Terkait penanganan virus corona. Pemerintah desa Pewutaa mengakui jika telah melakukan langkah langkah antisipatif.

Mengenai penanganan wabah virus corona kami pemerintah desa telah berpartisipasi aktif sesuai anjuran Bupati Kolaka dan Maklumat Kapolri,kami bersinergi dengan pihak kecamatan telah melakukan penyemprotan,di wilayah Pewutaa dengan sasaran semua fasilitas umum dan rumah warga,mewajibkan penggunaan masker, serta menghimbau kepada warga agar tetap dirumah jaga pola hidup sehat dan pola hidup bersih agar terhindar dari wabah ini.(IH,Rahman)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button