Daerah

PEMBANGUNAN PERPUSTAKAAN DI KABUPATEN LUTRA SEGERA TERWUJUD

LUTRA, targettuntas.ci.id Dalam rangka memenuhi kebutuhan literasi dasar Masyarakat Pemerintah Daerah mulai dari Pulau Sabang sampai Merauke,Pulau Miyangas sampai Pulau Rote,Pemerintah berupaya menyediakan Perpustakaan yang memadai.
Sesuai dengan Undang Undang nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan”Pemerintah dan Pemerintah daerah berkewajiban menyediakan Perpustakaan yang ramah terhadap Pemustaka,termasuk Masyarakat Indonesia yang kondisi geografisnya sulit terjangkau oleh semua Moda transportasi yang tersedia.
Untuk Pembangunan Gedung layanan Perpustakaan Daerah Paket DAK Reguler yang sama hanya tersedia 10 Paket ,543 Kabupaten /Kota sangat mengharapkan Pembangunan tersebut untuk mendapatkan DAK reguler tidaklah mudah tentunya melewati proses yang panjang di tahun 2018 melalui saran dan petunjuk dari Bupati Luwu Utara, perjuangan menuai hasil, dan kini hampir terwujud, dengan hadirnya fasilitas perpustakaan daerah yang representif dan ramah Pemustaka untuk semua Kelompok.
Gedung Layanan Perpustakaan Daerah yang pembangunannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler tahun anggaran 2019 sebesar Rp. 10.350.639.000 akan berdiri kokoh di Jalan Sampurisiang No 27 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Dalam pembangunanya terdapat sedikit masalah, Proses pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah Kabupaten Luwu Utara yang dikerjakan oleh PT. Bangun Indah Perkasa sangat komplek dan rumit karena mulai dari penetapan lokasinya di Jalan Jend. Sudirman No 1 Masamba Kelurahan Bone bermasalah dan harus pindah ke JL Simpurisiang No 27 Masamba kelurahan Bone Tua karena di lokasi tersebut masuk area Obstacle (Penerbangan) Bandara Andi Jemma Masamba, Dokumen Perencanaan harus di Reviuw karena terjadi perhitungan tambah kurang sebesar kurang
Rp 2.955.101.667.74,- .Pekerjaan yang tidak selesai pada akhir kontrak sehingga harus diberikan kesempatan dengan sanksi denda kepada Direktur PT Bangun Indah Perkasa sebagai pelaksana/penyedia.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Lutra, Maharuddin mengatakan kepada Media TT, “Perpustakaan yang akan di lengkapi dengan ruang baca PAUD,(PAUD TPA, PAUT KB dan PAUD TK), ruang baca difabel (Tuna Netra,Tuna Daksa,Tuna Rungu), ruang baca Lansia,Ruang Baca Indoor, ruang baca Outdoor, ruang refrensi, ruang Ava, ruang Dilatasi dll,. Masyarakat memiliki hak yang sama untuk memperoleh layanan serta memanfaatkan dan menggunakan fasilitas tersebut, kadis berharap semoga kegiatan tersebut berproses sesuai rencana,sehingga mimpi Luwu Utara untuk memiliki Gedung Perpustakaan yang memadai dan nyaman bagi Pemustaka dalam rangka memenuhi kebutuhan literasi dapat terwujud, ujarnya. Lap IKHSAN.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button