Daerah

Upaya Melestarikan Budaya Serta meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

WAJO, targettuntas.co.id. Desa Ujung Baru Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, memiliki 2 dusun diantaranya, dusun Ujung Baru dan dusun Dare Gettae, dengan jumlah penduduk 1534 jiwa jumlah kepala Keluarga 501(KK).

Kepala Desa Ujung Baru, Ambo Emeng, mengungkapkan, yang menjadi skala prioritas pembangunan di desa Ujung Baru adalah infrastruktur jalan serta pemberdayaan masyarakat.

Dengan akses jalan yang baik akan memudahkan warga masyarakat menjual hasil pertaniannya ke pasar pasar tradisional. Dengan artis transportasi yang lancar sehingga perekonomian desa ikut mendongkrak inci masyarakat, sehingga ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat, urai Kades Emeng kepada wartawan TT saat disambangi dikediamannya, Jumat (20/03).

Sementara pemberdayaan masyarakat lebih dominan perempuan, dengan kegiatan keterampilan menjahit dan industri rumah tangga. Sebenarnya ada potensi yang cukup menjanjikan adalah bambu cukup banyak di desa Ujung Baru sudah banyak pesanan dari beberapa daerah di luar kabupaten Wajo, ungkap Emeng.

Sembari menambahkan, selain itu, SUTRA mayoritas barang siap dipasarkan. Diakui Kades bahwa, Sutra ini sudah banyak peminatnya. Adapun pretasi yang diraihnya dibilang olah raga, sepak bola, Volly ball.

Lanjut Kades, kuburan Pettawalie yang banyak dikunjungi para pasiara perlu dilestarikan, dan perlu dijadikan objek wisata. Dan rencananya, sejumlah tempat yang berpotensi dijadikan objek wisata tetapi terkendala masalah lahan, sebab masih status lahan masyarakat.Tetapi kades Emeng berupaya melakukan pendekatan kepada pemilik lahan. Sebenarnya, lokasi tersebut sangat berpotensial, sebab air berasal dari mata air sungai yang terus mengalir kendati musim kemarau, tetapi di lokasi itu air terus mengalir, ujarnya.
Kades Ujung Baru, Ambo Emeng terus berusaha mengangkat tradisi untuk melestarikan budaya. //A.Akbar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button