Daerah

Kepercayaan Masyarakat, INCUMBEN Kembali “OPPO”

LUTIM, targettuntas online. Desa Lamaeeto Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur,Muhammad Iwan sebagai Kepala Desa terpilih periode ke-3 merupakan bentuk kepercayaan masyarakat setempat akan kepemimpinan sebelumnya. Kades terpilih Iwan mengungkapkan rasa syukur kepada ALLAH SWT dan kepada seluruh warga desa, ia kembali mencalonkan diri untuk periode ini hanya memenuhi permintaan masyarakat.
Alhamdulillah atas perjuangan dan kerjasama dari masyarakat,saya masih di beri kemenangan oleh ALLAH SWT,” tuturnya.
Sebagai Kepala desa berharap kepada masyarakat Lamaeeto untuk bekerjasama membangun desa secara utuh dan mandiri, kita ingin menggali potensi dan alam yang ada disini,”tandasnya.
Desa Lamaeeto setiap tahun mengalami peningkatan,semua dilakukan sejak awal terpilihnya di periode-1 pada tahun 2007 seperti rehab kantor desa .Periode ke -2 di canangkannya program Multi yell selama 3 tahun hanya di lakukan 2 tahun seperti melanjutkan membangun dan merenovasi Kantor Desa, BPD ruang perpustakaan dan PKK seperti yang terlihat sekarang ini semua di kerjakan dalam waktu singkat karena adanya swadaya dan partisipasi masyarakat .desa yang memiliki 5 dusun yakni, dusun Konronio, Lamaeeto, Gunungsari, Nusa Sakti dan Salo Malotong semua dusun memiliki sejarah masing masing sehingga semua potensi yang ada di desa tersebut akan di kembangkan agar ke depannya dapat di rasakan manfaatnya. adapun jumlah penduduk 3.018,wajib pilih 1.412 dan Kk 513. jumlah pendapatan masyarakat akan terus di tingkatkan melalui akses pembangunan jalan, terutama jalan tani yang sudah mencapai 85 persen di tahun 2019 dan tahun 2020, drainase juga akan lebih tingkatkan.selain itu percetakan sawah seluas 10ha telah di lakukan seperti pencabutan,pematang dan meratakan sehingga lahan pertanian menjadi produktif dan menjadi pertanian yang unggul.
Selain pertanian,warga miskin tak luput dari perhatian Kedes Lamaeeto,bedah rumah sebanyak 10 unit, yatim piatu dan Lansia semua mendapat bantuan,seperti masyarakat miskin ketika mengalami kecelakaan di luar desa lamaeeto saat berada di salah satu rumah sakit hanya memperlihatkan KTP dan KK bahwa dia masyarakat Lamaeeto Pihak RS akan memberikan pelayanan Umum .prioritas kesehatan lingkungan seperti jamban pun sudah harus dimiliki di setiap rumah penduduk.selain itu pemberdayaan masyarakat di lakukan demi tercapainya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.
Selain Kepala desa ia juga merupakan pengurus Asosiasi Kepala desa (APDESI) yang selalu memberikan dan menampung informasi para perangkat desa dalam menjalankan roda pemerintahan di wilayah desa masing masing.
Terkait BUMDES di desa ini pengelola harus memiliki SDM karena bumdes merupakan lokomotif pembangunan ekonomi lokal desa yang di dasari oleh kebutuhan,potensi,kapasitas desa dan penyertaan modal dari pemerintah,yang bertujuan akan meningkatkan taraf ekonomi di desa.Lap IKHSAN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button