Barru

MenPan RB Bersama Gubernur Sulsel Hadiri Puncak HUT Barru Ke – 60

Barru, targettuntas online – MenPan RB., Cahyo Kumolo dan Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. DR. Ir. Nurdin Abdullah, M.Agr menghadiri puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru Ke 60, yang digelar di Alun Alun Taman Colliq Pujie kabupaten Barru, Kamis (20/2/2020), turut hadir pula
Mantan Wakil Ketua DPR RI Aksa Mahmud, Pangdam, Kapolda, dan beberapa Deputi Wilayah Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, Ketua Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama Sulsel, Komandan Lantamal, Rektor Unhas bersama Natsir Kalla, Hj Hasnah Syam MARS Anggota DPR RI, Taufan Pawe Walikota Parepare, Dandim Mallusetasi, Ketua Majelis Ulama Anregurutta, Andi Pamadengrukka, Mantan Bupati Barru Andi Muhammad Rum, A.M,Aksa, dan banyak lagi Pejabat Nasional, Provinsi Sulsel dan Tokoh Kabupaten Barru.

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si. dalam sambutannya mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Barru ke-60 kepada segenap warga masyarakat Kabupaten Barru dimanapun berada.

“Memperingati hari jadi, secara filosofis bermakna muhasabah untuk merefleksikan masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah yang sangat bernilai sebagai referensi dalam menapaki masa kini dan masa yang akan datang”

“Sejalan dengan hal tersebut, maka tema peringatan hari jadi pada tahun ini adalah “HARMONI DALAM KARYA MENUJU BARRU YANG LEBIH BAIK”. Tema ini merupakan harapan agar menginspirasi semua pihak untuk meningkatkan keterpaduan, kerjasama dan membangkitkan semangat kebersamaan dalam suasana yang selaras untuk mencapai sasaran pembangunan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang menuju Barru yang lebih baik,” katanya.

Tema peringatan Hari Jadi Barru ini kata Suardi Saleh, sejalan pula dengan berbagai karya yang telah diukir oleh Pemerintah Kabupaten Barru dalam kurun waktu tahun 2017 – 2019 sebanyak 27 Penghargaan, baik berupa karya yang mendapatkan pengakuan yang berskala regional maupun nasional antara lain, Penghargaan Kepatuhan Tinggi 2019 tentang Pelayanan Publik dari Ombudsman RI, Piala Adipura Tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup, Universal Health Care Coverage Tahun 2018 dari Kementerian Kesehatan dan Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI selama 3 tahun berturut-turut.

Selain itu, berbagai keberhasilan pembangunan yang telah kita capai hingga saat ini terlihat pada berbagai indikator pembangunan daerah diantaranya:

1) PDRB meningkat dari Rp.5,97 Trilyun pada tahun 2017 diawal kami ditunjuk jadi Bupati Defenitif menjadi Rp.7,17 Trilyun pada tahun 2019;

2) Pendapatan per kapita yang semakin meningkat dari Rp.34,48 juta pada tahun 2017 menjadi 41 juta pada tahun 2019;

3) Pertumbuhan ekonomi meningkat dari 6,48 persen pada tahun 2017 menjadi 7,08 persen pada tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi sebesar 7,08 persen ini melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dan sedikit mendekati pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan;

4) Indeks pembangunan manusia meningkat dari 69,56 pada tahun 2017 menjadi 70,08 pada tahun 2019 dan menjadikan Kabupaten Barru berada pada kabupaten kelompok IPM kategori tinggi di Sulawesi Selatan;

5) Angka kemiskinan menurun dari 9,71 persen pada tahun 2017 menjadi 8,57 persen pada tahun 2019.

“Pencapaian indikator pembangunan daerah tersebut di atas, menunjukkan bahwa pemerintah telah hadir bersama dengan seluruh unsur tatanan yang ada, bahu membahu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat,” katanya lagi.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah pada kesempatan tersebut memberikan bantuan kepada Pemkab Barru, sebesar Rp. 61 Milyar.
Humas Barru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button