Daerah

Waelawi Menuju Desa Bahari

LUTRA, targettuntas online.Desa Waelawi kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara Sulsel yang masuk urutan ke tujuh IDT, secara bertahap melakukan pembangunan agar desa menjadi lebih maju .

Kegiatan pembangunan dan ekonomi inovasi desa semua di lakukan .pemberdayaan masyarakat yang telah terealisasi juga sangat membantu masyarakat.

Desa Waelawi yang hanya memiliki tiga dusun yakni Welawi, Labecce dan Lamiko Miko masing masing memiliki potensi, dusun Waelawi dan Labecce memiliki potensi hasil laut dan tambak hampir setiap hari para pengumpul datang untuk membeli jenis ikan air tawar dan laut.

Sedangkan dusun Lamico Mico merupakan lokasi wisata bahari yang akan launching di tahun 2020.

Berjalan empat bulan awal terpilihnya menjadi Kepala desa Waelawi Ir. Kasran, memulai pembangunan infrastruktur terutama akses jalan seperti pengaspalan dan rabat beton, karena dengan kondisi jalan yang bagus akan berpengaruh pada perekonomian masyarakat sehingga pendapatan lebih meningkat dan masyarakat dapat menikmati kesejahteraan.

Adapun pengelolaan bumdes seperti pelayanan jasa, termasuk perencanaan penyediaan tabung gas elpiji dan Perahu sebanyak tiga unit untuk memuat penumpang ke objek wisata ke dusun Lamico Mico, wisata bahari merupakan potensi desa yang harus di kelola dengan baik, program pembangunan wisata tersebut di bangun dengan strategi yang terencana dan bervisi jangka panjang. Selain pembangunan kesehatanpun tak luput dari perhatian kades seperti ODF di desa inipun sudah hampir mencapai 100 persen,tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan,ungkap Kades.


Lanjut di katakan ,” ia sangat mendukung ke aktifan warganya dalam menunjang Potensi desa ,ke depannya desa waelawi ini bisa seperti desa yang telah maju. Segala bentuk kegiatan yang akan dilakukan mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dengan menghadirkan tokoh masyarakat dan masyarakat agar apa yang di kerjakan bisa di rasakan manfaatnya oleh warga desa . IKHSAN..

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button