Sulsel

Waspada Penipuan Gaya Baru, Kegiatan Yayasan Surya Nuswantara Diduga Rugikan Masyarakat

PEMILIK YSN MILIKI DANA TRILIUN DARI HARTA KARUN SOEKARNO

KEGIATAN YAYASAN SURYA NUSWANTARA ( YSN ) DI DUGA MERUGIKAN MASYARAKAT

TANA TORAJA, targettuntas online. Saat ini sedang hangat memperbincangkan sebuah Yayasan Surya Nuswantara (YSN) pimpinan Tuntas Subagyo sekaligus sebagai pemilik tunggal yayasan tersebut belum memenuhi janjinya selama 6 tahun dengan masyarakat Tana Toraja.

Yayasan Surya Nuswantara diperbincangkan bukan karena prestasi yang sudah dilakukan melainkan aktivitasnya yang banyak memiliki kejanggalan. Yayasan yang mengaku mengantongi izin Kemenkumham ini diketahui berpusat di Boyolali Jawa Tengah namun sudah memiliki puluhan ribu anggota di hampir diseluruh wilayah Indonesia termasuk Toraja,Tana Toraja dan Toraja Utara.

Di Toraja, anggota Yayasan Surya Nuswantara (YSN) berjumlah kurang lebih tiga ribu orang Jumlah ini disebutkan saat menggelar acara Toraja Mali’ yaitu acara silaturrahmi anggota YSN dengan pimpinan sekaligus pemilik tunggal YSN Tuntas Subagyo di Plaza Taman Rakyat Kolam Makale, Kamis, 23 Januari 2020.

Acara ini dihadiri para anggota Pengurus dan Pembina dari beberapa kota dan kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan
Penelusuran yang di lakukan tim media,kelompok masyarakat yang bergabung sejak awal tahun 2014 lalu merasa sangat di rugikan pada saat bergabung diberikan harapan yang sangat menjanjikan. Yayasan ini mengajak masyarakat menjadi anggota dengan membayar “uang keseriusan sebesar Rp.300 ribu dengan janji uang yang dibayarkan akan dikembalikan jika program Yayasan sudah berjalan bahkan sampai saat ini belum ada yang terealisasi.

YSN hadir dengan janji dan iming iming pada anggota yang telah bergabung dengan dua visi, yaitu ekonomi dan sosial. Pada bidang ekonomi, anggota akan diberikan anggaran yang cukup besar untuk dikelola oleh masing-masing pengurus di tingkat Lembang dan pada bidang sosial yayasan akan membangun sarana-sarana umum seperti sekolah, sarana ibadah, pasar dan lain sebagainya hingga saat ini semua janji belum ada yang terealisasi,bahkan menurut beberapa Nara sumber yang tidak mau di sebutkan namanya,pada saat YSN tersebut meminta dana ke salah satu pengurus menyatakan sudah tidak mampu lagi memberikan dana yang di bebankan akhirnya di keluarkan oleh Yayasan itupun saat di keluarkan tidak menerima surat hanya penyampaian secara lisan yang di terima.


Dan setiap anggota nantinya akan digaji oleh yayasan dengan syarat untuk menjadi pengurus adalah membayar uang keseriusan dan biaya keikutsertaan setiap diklat yang di adakan.


Anggota yang direkrut ini berasal dari Lembang-Lembang dan Kecamatan di Toraja untuk selanjutnya ditunjuk sebagai pengurus ditingkatan Lembang dan Kecamatan Untuk meyakinkan calon anggota, para Pengurus YSN mengatakan kepada para calon anggota bahwa pimpinan YSN bernama Tuntas Subagyo memiliki harta peninggalan Bung Karno berupa emas batangan dan obligasi di Bank Swiss sesuai dengan Perjanjian Green Hilton Agreement.

Tentang harta Tuntas Subagyo yang konon katanya jumlahnya triliunan dari harta peninggalan Bung Karno ini juga sering diperbincangkan para pembicara saat melakukan rikrutmen anggota baru YSN yang akan di jadikan pengurus yayasan

Namun, meski sudah 6 tahun berjalan, Yayasan Surya Nusantara belum memperlihatkan tanda-tanda akan segera mewujudkan visi misi yang dimaksud. Hingga kini para anggota masih terus menunggu dan terus dijanji soal launching program YSN tersebut. Bahkan aktivitas YSN yang tercatat hingga saat ini hanya perekrutan dan menarik dana dari calon anggota baru dan anehnya lagi setiap anggota yang tidak memberikan dana yang diminta akan di keluarkan.
Antusias pengurus dan Pembina YSN di Toraja pada acara silaturrahmi YSN di Plaza Taman Rakyat Kolam Makale, Kamis, 23 Januari 2020 hanya mengajak anggota untuk terus bersemangat dan menjaga komitmen membangun YSN tanpa adanya kejelasan kapan program akan dilaksanakan.
Bahkan para anggota YSN yang menunggu Tuntas Subagyo sejak pagi di Plaza Taman Rakyat Kolam Makale hanya disuguhi kue dan minuman ringan.Tuntas IKHSAN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button