Soppeng

Geliat Pembangunan Desa Gattareng Toa Soppeng

SOPPENG, targettuntas online.

Desa Gattareng Toa Kecamatan Marioriwawo Kabuapten Soppeng Sulsel memiliki, dua dusun diantaranya dusun Gattareng dan dusun Kessi dengan jumlah penduduk sekitar 2461 dan dihuni 702 kepala Keluarga (KK) dengan jumlah wajib pilih sekitar 120.


Desa Gattareng yang dinahkodai Muh. Nur terus melakukan berbagai inovasi pembangunan dan menata desa Gattareng Toa dengan Jiwa seni sehingga desa Gattareng Toa nampak asri.
Menurut Nur, dalam geliat pembangunan yang sedang digalakkan didesa Gattareng Toa yang dipimpinnya skala prioritasnya adalah menjalin kebersamaan, kekompakan dan transparansi, termasuk pengelolaan administrasi. namun apa yang dilakukannya tetap mengharapkan sinergitas, termasuk dukungan warga masyarakat agar setiap pembangunan dan inovasi desa berjalan sukses sesuai Visi Misi Desa, ungkap Kades.


Terkait bantuan APBN pusat yakni anggaran Dana Desa tahun 2019 telah dilaksanakan sesuai juknis diantaranya, pembangunan jembatan Panrokoe dusun Kessi dengan Volume 6×4 meter dengan anggaran Rp. 193.565.800. Pembangunan rabat beton Jarasua Volume 595 meter dengan anggaran Rp.768.297.600. disusun Kessi telah rampung sejak Nopember 2019.
Sementara rencana pembangunan fisik untuk tahun 2020 diantaranya, perpipaan saluran irigasi volume 2800 meter, anggarannya berasal dari APBDesa/DD, pemeliharaan perpipaan air bersih volume 450 meter di dusun Gattareng anggarannya berasal dari ADD.


Kendati desa Gattareng hanya memiliki dua dusun namun warga masyarakatnya sangat antusias mendukung program pembangunan desa Gattareng Toa.
Terkait kendala, masih dianggap aman dan kondusif, sebab warga desa Gattareng Toa masih memiliki rasa kekeluargaan tinggi dan memegang sifat 3 S (Sipakatau, Sipakalebbi dan Sipakainge) sehingga setiap permasalah diselesaikan secara kekeluargaan, ungkap Muh.Nur Kepada Wartawan TT.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button