Sulsel

Semua Program Dirangkum dalam PTP

PENINGKATAN MUTU DAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SOPAI

Toraja Utara, targettuntas online. Puskesmas Sopai Kabupaten Toraja Utara yang tidak memiliki rawat inap. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, faktor utama karena adanya keterbatasan ruang dan lokasi. fasilitas rawat jalan yang hanya di miliki oleh Puskesmas tersebut, sebagai sarana pelayanan kesehatan pada masyarakat berjalan baik.
Menurut kepala Puskesmas Sopai, NAOMI SKm, mengatakan di Puskesmas ini Semua berjalan harus sesuai dengan program, semua program setiap tahun dirangkumkan dalam suatu PTP (Perencanaan Tingkat Puskesmas ) sebelum kegiatan dilaksanakan diadakan pertemuan terlebih dahulu tentang masalah yang ada di wilayah Puskesmas dengan keterlibatan beberapa sektor ,karena kesehatan tidak akan mungkin berjalan tanpa ada bantuan Pemerintah dan masyarakat seperti camat dan Lembang yang sangat membantu,Penyuluhan dan sosialisasi di masyarakat,penjaringan ke sekolah,terkait mengenai kesehatan smua pelayanan harus berjalan, tandasnya. fasilitas rawat jalan yang memadai memiliki tenaga perawat ataupun para bidan yang bertugas secara bergantian selama 24 jam , proses persalinan normal dapat dilakukan di Puskesmas, bagi ibu hamil selama mengandung sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala ,bidan yang bertugas àkan mengunjungi rumah penduduk jika tidak melakukan pemeriksaan semua di lakukan hingga proses persalinan, tidak ada lagi seorang ibu hamil melahirkan di rumah.Pelayanan kesehatan untuk masyarakat memang sangat lah penting karena Puskesmas merupakan sarana kesehatan pertolongan pertama di tingkat kecamatan.
Untuk kasus Stunting di wilayah ini ,perhatian pihak Puskesmas terhadap penderita sangat membantu,selain itu upaya pencegahan Stunting di lakukan sejak dini pada ibu hamil, adanya pemicu stunting karena kurangnya asupan gizi yang sangat di butuhkan oleh tubuh dan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan tetap terjaga. IKHSAN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button