Barru

Komunitas Pemuda PALAPA Barru Baksos di Pulau Baki Island

Barru – Targettuntas.com – Pemuda merupakan aset bangsa yang akan melanjutkan tongkat estafet
pembangunan bangsa di masa yang akan datang.
Pemuda memiliki dinamisasi dan semangat yang tinggi dalam berbagai aspek dimasyarakat, karena10 pemuda bisa menggoncang dunia, begitu kata bung karno untuk menggambarkan betapa pemuda memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan sebuah bangsa. Semangat yang tinggi dan pemikiran yang penuh ide-ide memberikan peran kepada pemuda dalam setiap sektor kehidupan.

Ketua Komunitas Pemuda Pecinta Laut dan Pantai ( PALAPA ) ARDY Saat disambangi wartawati Media Online Target tuntas.co menuturkan bahwa para Pemuda perlu menyikapi bahwa Negara Republik Indonesia merupakan negara maritim yang besar dimana kita memiliki kekuatan dalam potensi kelautan. Topografi yang memiliki banyak pulau dan pantai menjadikan Indonesia sebagai kawasan yang strategis di wilayah khatulistiwa. Indonesia memiliki kekayaan laut yang melimpah. Hasil laut dan sumber daya alam lainya berkembang dengan baik, dan Tidak menutup pula kemungkinan dijadikan sektor pariwisata bahari, karena Pariwisata menjadi salah satu sumber penghasilan negara yang menjanjikan. Kekayaan yang ada tentunya akan menjadi lebih besar apabila dikembangkan lebih baik lagi, olehnya itu diperlukan kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Baik itu pemerintah, infrastruktur dan masyarakat sendiri. Dan disinilah tentunya pemuda sebagai bagian dari masyarakat memiliki andil yang besar mengikuti perkembangan potensi laut Indonesia, Pemuda juga punya Peran Dalam Menjaga Kelestarian dan Mengembangkan Potensi Laut Indonesia.

Lanjut Ardy memaparkan tentang perlunya pemuda berkontribusi dalam menjaga lingkungan sangatlah diutamakan. Hal ini dimulai dari hal hal sederhana seperti tidak mengotori laut dengan sampah, kemudian mengajak masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan laut. Tentu kita tidak berharap dengan adanya imeg yang muncul dari masyarakat bahwa pemudalah yang menjadi actor utama dalam rusaknya lingkungan.
Wahai pemuda harapan Bangsa Mari kita sama sama menepis anggapan yang negatif, dan tampakkan wujudmu sebagai Pemuda, dan katakan bahwa Pemuda dalam hal ini sangat memiliki pengaruh di dalam masyarakat, Pemuda harus bisa memberikan keteladanan yang baik dan mampu mengayomi masyarakat walaupun dimulai dari kegitan kecil dan sederhana, seperti misalnya yang di lakukan teman teman Pemuda yang tergabung dalam komunitas pecinta Laut dan Pantai (PALAPA )Barru ada rasa ke terpanggilan dalam melakukan kegiatan Baksos bersih -bersih pantai pada Minggu ( 15 / 12/19). Dengan menyasar sampah di sepanjang pantai sekeliling pulau baki Island aksi ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat, khususnya para pemuda, agar tidak membuang sampah ke laut karena mengganggu ekosistem dengan kegiatan sederhana inilah nantinya akan muncul gagasan gagasan besar yang dibangun untuk penjagaan lingkuangan yang lebih baik. Pemuda juga dapat melakukan pengawasan terhadap regulasi kebijakan yang dilakukan perusahaan-perusahaan dalam proses penjagaan lingkungan, Limbah yang dihasilkan perusahaan tentunya memiliki standard dan regulasi tertentu dalam pembuangannya ke lingkungan.
Pemuda sebagai bagian masyarakat harus peka dalam mengawasi perkem bangan pengelolaan lingkungan perusahaan, dan apabila tidak sesuai dengan regulasinya, maka pemuda harus bersuara untuk masyarakat tandasnya..//astt

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button