Barru

Menteri Perikanan Berkunjung ke Barru

Barru-Targettuntas.online – Pasca-dilantiknya Menteri Perikanan dan Kelautan Edy Prabowo, Kunjungan perdananya di Sulawesi Selatan dipusatkan di Kabupaten Barru.
Kunjungan Menteri Perikanan dan Kelautan Edy Prabowo di Kabupaten Barru, dalam rangka meninjau langsung tempat pembibitan Udang ” Benur Kita ” yang berlokasi di Desa Kupa Kecamatan Mallusetasi Minggu 01/12/2019

Edy Prabowo bertatap muka dengan sejumlah pejabat di Sulawesi Selatan, terkait kebijakan investasi dan usaha perikanan budidaya, serta pengelolaan hasil perikanan.

Menteri Kelautan dan perikanan Edy Prabowo dalam sambutannya, berharap, Barru menjadi motor penggerak di Sulsel dan Indonesia dalam budidaya udang,”
Menurutnya, Barru bisa diandalkan untuk mendukung program berkelanjutan karena Indonesia saat ini ditarget menjadi budidaya udang terbesar. Mengingat ada sekitar 300.000 hektar tambak di Indonesia, olehnya itu lanjut Edy Prabowo memaparkan bahwa untuk mendukung semua itu, pihaknya akan berusaha memudahkan semua urusan
Sesuai dengan pernyataan Presiden RI bahwa segala jenis peraturan disektor perikanan dan kelautan harus disederhanakan dan segala yang menghambat agar di potong.
Udang menjadi komoditas kita, udang menjadi sarana penghasil devisa dan kami akan menghidupkan komisi-komisi di Kementerian kelautan agar bisa produktif kembali.
tujuannya adalah bagaimana meningkatkan kembali budidaya udang windu, dan bukan hanya budidaya udang faname. Kami akan melakukan komunikasi terbaik dengan nelayan, bangun budidaya perikanan yang bisa membuka lapangan pekerjaan,” kata Edhy Prabowo.
kunjungan Menteri Perikanan dan kelautan Edhy Prabowo di Barru, didampingi Wakil Gubernur Sulsel Sudirman Sulaiman, Bupati Barru Suardi Saleh, serta sejumlah pejabat teras kementerian, seperti Dirjen Budidaya Perikanan dan Kelautan.

Wakil Gubernur Sulawesi selatan Sudirman Sulaiman, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa pihaknya akan membangun pelabuhan terbesar di Sulsel dengan luas lahan sekitar 1.000 hektar. Pelabuhan ini nantinya diharapkan dapat mempermudah ekspor hasil perikanan dan kelautan.

Lanjutl Sudirman Sulaiman mengurai masalah petambak. Seperti distribusi pupuk, dan perlunya bantuan pemerintah pusat mengenai alat produksi. Disamping itu, pihaknya siap menjadikan Sulawesi selatan sebagai pusat perikanan karena
masyarakat kita dalam berbudi daya udang hanya mampu mencapai 1 ton dalam 1 Ha. Kita harapkan kedepannya agar udang bisa menjadi nilai ekspor nomor satu Indonesia.” paparnya.

Sementara itu Bupati Barru Suardi Saleh tidak menyia nyiakan kesempatan
menyelipkan suatu harapan dengan nada rayuan yang disambut senyum dari Edy Prabowo, Salah satu yang disampaikan, yakni perhatian pemerintah pusat untuk budidaya ikan lele di Kabupaten Barru, menurutnya bahwa di Kabupaten Barru ini kita punya lahan sekitar 2.500 hektaSuardi Saleh berkewajiban menyampaikan itu. Alasannya, selain bibit ikan lele bisa dikelola oleh lingkungan pesantren, juga bisa menjadi lokasi untuk bahan pembelajaran bagi kalangan santri dan pelajar di pesantren. Begitu pun diharapkan menjadi nilai ekonomi.//as,tt

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button