Soppeng

Satu Jalan Dua Anggaran

Jalan Paccorae sekitar 2 Km lebih dari poros jalan propinsi Makassar-Soppeng. Paccorae merupakan salah satu perkampungan yang berada di desa Marioriaja Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.
Jalan Poccorae ini menghubungkan dengan Desa Gattareng Kec.Marioriwawo yg juga tetangga desa Marioriaja.
Dulunya, jalan Paccorae rusak parah bahkan dianggap sebagai jalan tak bertuan. Namun belakangan kampung ini sudah mengalami perkembangan dan kemajuan, jalan Paccorae sudah beberapa kali mendapat bantuan termasuk dana aspirasi anggota Dewan.
Pada tahun 2018, kades sebelumnya yakni Kulitang sudah memasukkan anggaran melalui Dana Desa sepanjang 950 meter, serta dana aspirasi sepanjang 100 meter.
Pada tahun 2019, jalan Paccorae mendapatkan bantuan ADD berasal dari anggaran APBD, serta bantuan Dana Desa berasal dari APBN, dimana rencana pekerjaan Rabat Beton sekitar 600 meter dan juga pekerjaan Talud. Namun yang dikerjakan terlebih dahulu oleh PPK adalah bagian taludnya.
Namun setelah rabat beton tersebut sudah akan dimulai pekerjaannya tiba-tiba ditegur oleh pihak PU Kabupaten yang beranggotakan 4 orang, meminta kepada masyarakat untuk menghentikan pekerjaannya dengan alasan jalan ini adalah jalan Kabupaten dan anggarannya sudah ada, dan akan segera dikerjakan.
Dengan teguran tersebut, tentunya ketua RT Bu Raden bersama masyarakat yang sedang bekerja heran, ada apa? bukankah jalan Paccorae sudah berapa kali dikerjakan dengan anggaran yang sama baru mendapat teguran, kenapa Rabat Beton tahun 2018 tidak ditegur, sebelum diajukan anggaran pekerjaannya sudah dimasukkan dalam Musrenbang desa yang dihadiri sejumlah instansi terkait, katanya dengan nada heran.
Sementara Kades Marioriaja, mengaku tidak begitu mengetahui masalah tersebut karena dia baru menjabat Kades, ujarnya singkat.
Namun tak selang berapa lama, jalan Paccorae yang sisa sekitar 600 meter yang rencananya dikerjakan Rabat Beton melalui Dana Desa dengan anggaran 700 miliar lebih. Telah dikerjakan dengan anggaran 1 miliar lebih tanpa disebut Volume fisiknya yang ada dipapan proyek milik dinas PU, Untuk sementara, pekerjaan tersebut baru pengerasan jalan yang tertera di papan proyek adalah pekerjaan peningkatan jalan.
Dari informasi yang disadap target tuntas Online, kalau jalan kabupaten Paccorae, ada dana talud yang belum diketahui jumlahnya, padahal talud jalan Paccorae sudah dikerjakan dengan menggunakan Dana Desa yang sebelumnya merupakan anggaran Rabat Beton yang kini diklaim oleh Dinas PU sebagai jalan kabupaten. Nantikan investigasi selanjutnya, siapa yang bersalah dibalik 1 jalan 2 Anggaran. (Aan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button