Ragam

DESA SADAR BUTUH SUNTIKAN DANA

Desa Sadar yang berada di wilayah kecamatan Tellulimpoe Ka.Bone Sulsel, memiliki 3 dusun diantaranya, Dusun Bunga Ejae, dusun Lakariki dan dusun ToneE, desa ini dihuni sekitar kurang lebih 2000 orang jumlah penduduk, dimana pada saat ini warganya masih banyak yang keluar masuk, ada yang merantau ke Malaysia dan ada juga yang berkebun ke Tenggara (Sultra). Desa Sadar dihuni sekitar 600 KK.
Kepala Desa Sadar, Andi Nur Alam, SH, kepada target tuntas Online mengungkapkan, selaku pemerintah desa diharapkan kepada warga masyarakat kiranya turut berpartisipasi aktif mendukung semua program kerja desa. Namun patut disyukuri dengan adanya bantuan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat melalui dana desa sehingga dengan bantuan tersebut lambat lain desa yang dipimpinnya akan mengalami kemajuan dan perkembangan, sebab desa Sadar masih dalam kategori desa terpencil dan tertinggal, ujarnya.
Tambahnya, ia berharap kiranya Pemkab Bone maupun Pemerintah pusat dapat memberi bantuan sehingga desa Sadar akan lebih maju seperti desa lainnya yang sudah menyandang predikat.
Kendati saat kini, kata Andi Nur Alam, warga desa Sadar sedikit sudah tertopang dengan adanya getah kayu Pinus, dimana warga masyatakat bisa mendapatkan upah minimal 4-6 juta perminggu nya, jika dalam sebulan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Untuk saat ini, Alhamdulillah desa Sadar sudah dapat menikmati penerangan lampu dari PLN, dulunya masih gelap.
Lain halnya dengan perkebunan cengkeh serta persawahan warganya yang dapat menopang kebutuhan nafkah keluarganya.
Sebenarnya Desa Sadar begitu banyak yang dapat memberi kontribusi timbal balik, sebab hamparan pohon finis yang ada di desa Sadar bisa dijadikan objek wisata alam, hanya saja masih banyak pengunjung mengurungkan niatnya untuk berwisata alam finus di desa Sadar.
Sebab ingrastrik jalan masih banyak yang rusak serta jalannya cukup menantang, sana sini jurang. Untuk itu, ia berharap kiranya pemerintah bisa memberikan suntikan dana untuk memperbaiki infrastruktur agar transportasi bisa berjalan lancar. Masyarakat bisa menjual hasil pertaniannya di pasar pasar tradisional. Jalan diperluas jika perlu diberi pagar pembatas jalan.
Tambahnya lagi, Desa Sadar sekitar 200 km dari jantung kota Watampone begitu pula dengan kantor kecamatan Tellulimpoe jaraknya ratusan kilometer dari desa Sadar, inilah yang terkadang membuat kita sedikit mengeluh jika ada panggilan termasuk jika ada rapat. Desa Sadar berbatasan dengan Kab. Soppeng, Kab. Barru dan Pangkep. Namun Alhamdulillah tingkat kriminal di desa Sadar masih dianggap aman, ujarnya.
Namun jika kita berada di kantor desa Sadar terlihat sejuk dan indah, asri seakan kita sedang berada di objek wisata. Dimana ada air pancuran, kolam ikan dengan berbagai jenis menambah pesona keindahan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button